Kabut Asap Makin Parah, Kutu Region Pekanbaru Bagikan Masker


DAPURPACU – Kota Pekanbaru masih diselimuti kabut asap yang makin hari bertambah parah, dan sangat membahayakan kesehatan manusia. Sebagai bentuk kepedulian, Kutu Region Pekanbaru melakukan pembagian masker kepada para pengendara roda dua dan empat.

Kualitas udara di Pekanbaru sudah cukup memprihatinkan dan sangat mengganggu warga dalam beraktivitas sehari-hari, hal inilah yang mendasari para pengguna Scooter, yang tergabung dalam keluarga besar Kutu Community untuk memberikan sumbangsihnya dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan sosial yang telah berlangsung pada pertengahan Juli lalu ini dilaksanakan di depan kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro. Aksi tersebut cukup menarik perhatian dan mendapat sambutan hangat dari para pengguna jalan yang melintas.

Pasalnya para member Kutu ini memberikan masker untuk mencegah bahaya gangguan saluran pernafasan akibat kabut asap, yang sudah berlangsung berminggu-minggu.

“Ini bentuk kepedulian kami kepada masyarakat terdampak kabut asap akibat kebakaran hutan yang tidak padam hingga saat ini,” ucap Andy Hermawan, Ketua Kutu Region Pekanbaru dalam keterangan resminya, Minggu (22/9) lalu.

Selain membagikan masker secara gratis, para member juga memberikan penjelasan tentang fungsi dan kegunaan dari penggunaan masker saat berada di jalan raya sebagai salah satu usaha dalam mengantisipasi sebuah kecelakaan.

“Meski hanya membagikan 300 masker, kami harap kegiatan sosial ini bisa meringankan dan membantu masyarakat untuk melawan asap,” tambah Andy.

Kutu Community menjadi satu-satunya komunitas scooter di Indonesia yang selalu konsentrasi terhadap keselamatan berkendara di jalan. Upaya ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaan yang mayoritas korbannya didominasi oleh pengendara sepeda motor. [dp/MTH]