Customer Satisfaction (CS) Contest 2019 Kembali di Gelar | dapurpacu.id

Customer Satisfaction (CS) Contest 2019 Kembali di Gelar

Manajemen PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI).

DAPURPACU – Hino Customer Satisfaction (CS) Contest 2019 yang ke-23 kembali digelar untuk mewujudkan komitmen Hino dalam menunjang kegiatan bisnis pengguna kendaraan Hino. CS Contest tahun ini mengusung tema “We Represent HINO Total Support By Human Touch”.

“Target kami setiap tahunnya adalah melahirkan teknisi – teknisi  yang handal, terpercaya dan bekerja dengan cepat sehingga mengurangi down time kendaraan customer kami, dan bisnis mereka dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan” ungkap Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI.

Ajang CS Contest yang digelar setiap tahun dan menjadi agenda rutin dari Hino untuk mengembangkan  juga mencari tenaga-tenaga ahli dan terpercaya. Kegiatan tahunan ke 23 ini di ikuti oleh 355 peserta dari 41 diler Hino diseluruh Indonesia. CS Contest 2019 kali ini dibagi menjadi 2 jenis kompetisi yaitu team dan individu, dimana masing-masing akan dibagi lagi menjadi beberapa kategori, seperti untuk tim: 3S Consultant Team ( Field Advisor/FA, Sales dan Spare part fleet salesman),  Hoyu Team (Hoyu Manager dan CCO), dan Technician Team ( SA dan Technician).

Sementara untuk individu yang diperlombakan untuk kategori : After Sales Service (ASS) Manager, Inventory, Warehouse, Sales Dutro, Sales Bus, Internal Dealer Training (IDT) Sales, IDT Technician. Dimana masing – masing kategori memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan jenis test yang berbeda – beda, dan setiap peserta akan diberikan waktu 30 – 40 menit dalam melaksanakan test praktek. Untuk bobot penilaian sendiri pada saat semifinal 30% untuk tes teori via online tes dan 70% di tes praktek, sementara di babak grand final bobot penilaian menjadi 100% di tes praktek.

“Pemenang (individual) di CS Contest ini akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 4 juta (pemenang 1), 3 juta (pemenang 2) dan 2 juta (pemenang 1)”, ujar Irwan Supriyono, Senior Executive Office After Sales HMSI.  

Takayuki Tsuchida, Total Support Pyramide Director HMSI menambahkan, “HINO memiliki standarisasi penilaian yang digunakan sebagai benchmark, untuk peserta yang kalah tidak ada punishment di ajang ini, peserta/team yang kalah HINO akan memberikan training kembali.” 

Hino Siap Menyambut Era EURO4

Hino mempersiapkan tim teknisi yang terdiri dari Service Advisor (SA) dan Mekanik untuk mengatasi permasalahan sehari – sehari (Trouble Shooting) seperti electrical wearing diagram dan penggunaan Diagnosis Tools Hino (DX Tool) yang merupakan alat  untuk pemeliharaan dan diagnosa permasalahan pada unit common rail,  sekaligus ini menjadi bukti kesiapan Hino dalam menyambut era EURO4 di tahun 2021 mendatang dimana Hino juga memiliki common rail system simulator sebagai media untuk pembelajaran mekanik – mekanik Hino, sehingga konsumen tidak perlu khawatir akan kendaraan common rail Hino, selain memiliki tenaga yang kuat dan efisien, layanan purna jual pun terjamin karena Hino memiliki SDM yang ahli dan terlatih, serta peralatan yang canggih dalam merawat kendaraan Hino yang bermesin common rail.

“Meningkatkan keterampilan mekanik dan memperkuat kerja sama staf frontline menjadi kunci untuk meningkatkan keahlian dan kecepatan waktu kerja,sehingga operasional bisnis konsumen menjadi lebih cepat, inilah yang membuat customer Hino sangat loyal”, ungkap Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI .

Disela-sela acara ceremonial gelaran CS Contest 2019, Hino juga mengadakan program CSR berupa pendidikan dan pelatihan bagi para manajer operasi dari Pertamina Group melalui salah satu program training yaitu Operation Management. Dalam CSR ini diberikan training kepada 24 peserta yang datang dari tim operasional manager dari PT Pertamina Persero, PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Aviasi, PT Pertamina Domestik Gas dan PT Elnusa Petrofin. Program pelatihan ini diberikan untuk pengembangan dan kemajuan bisnis dari setiap perusahaan yang memiliki kendaraan Hino sehingga kegiatan operasional mereka menjadi lebih mudah.

Selain itu, Hino turut juga memberikan CSR berupa sarana belajar beberapa peralatan peraga atau simulator transmisi MX06 Hino Ranger kepada 6 SMK yaitu SMK Bhakti Nusantara, SMK Negeri 7 Surabaya, SMK PGRI 3 Malang, SMK Negeri 1 Sidoarjo, SMK Harapan Mulya Brangsong Kendal, SMKN 1 Solong dan BLK (Balai Latihan Kerja) Solo.

“Hino berkontribusi sangat besar bagi distribusi BBM di Indonesia. Lebih dari 70% armada yang kami gunakan adalah Hino. Dengan sinergi antara Pertamina dan Hino, khususnya dengan pelaksanaan CS Contest 2019, semoga safety awareness dan standar kualitas pelayanan dapat selalu ditingkatkan.” Ungkap Taslim Husni, Manager of Quality, Quantity, & Complience PT Pertamina (Persero). [dp/BGS]