Rangkul Banyak Pebalap, BMWCCI Buka Kelas Buat Pemilik E30 | dapurpacu.id

Rangkul Banyak Pebalap, BMWCCI Buka Kelas Buat Pemilik E30

Dok. BMWCCI

DAPURPACU – Klub mobil yang satu ini memang tidak pernah lelah untuk terus mewadahi keinginan para member-nya pecinta kecepatan. Sebagai salah satu klub pemilik mobil premium, BMW Car Clubs Indonesia (BMWCCI) bakal kembali meramaikan balap nasional dari agenda yang digarap ABM Motorsport.

Dikemas dalam ajang balap satu merek (one make race), gelaran ini telah memasuki tahun ketiga pelaksanaannya sejak debutnya di rangkaian Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2018.

Namun, kemasan berbeda bakal dihelat tahun ini, di mana ada kelas baru yang diperlombakan. Bila dua tahun sebelumnya hanya melombakan para membernya pemilik BMW E36, tahun ini membuka kelas baru yakni E30.

“Kelas (BMW E30) ini untuk memenuhi tingginya permintaan dari para member BMWCCI. Sejatinya, kelas ini telah diminta oleh member sejak lama, tapi kami harus memastikan regulasi dari dua karakter mesin tersebut,” buka Antonius Gita Prasetyo, BMWCCI Motorsport Division, saat ditemui Dapurpacu.id, Rabu (12/2) malam.

Antonius Gita Prasetyo, BMWCCI Motorsport Division.

Gita mengakui bahwa tidak mudah untuk membuat kelas baru tahun ini, meski saat itu permintaan para member untuk membuka kelas E30 sudah banyak. Kondisi ini, lanjutnya, sudah terjadi jelang berakhirnya musim balap 2018.

Namun, Gita menegaskan bahwa untuk membuat regulasi itu tidak mudah. Apalagi dengan dua karakter kendaraan berbeda meski dari merek yang sama.

“Kita masih harus pikirkan yang paling utama adalah unsur safety. Sementara bila diselaraskan dengan target dari even ini adalah menjaring rekan-rekan yang suka balap, tapi resmi di sirkuit,” sambungnya.

Oleh karena itu, saat debut balap BMWCCI berkomitmen bagaimana kegiatan ini bisa mewadahi keinginan member dengan biaya yang sangat terjangkau. Karena menurutnya, bagi orang yang baru memasuki balap pasti kaget dengan kocek yang harus dikeluarkan.

Pihaknya BMWCCI ingin meski dengan regulasi yang ketat, bagaimana caranya ikut balap mobil itu tetap murah. Karena itulah, dia menekankan untuk tetap menggunakan satu tipe mesin yakni 4 silinder SOHC.

Dok. BMWCCI

“Begitu juga dengan regulasi suspensi dan ban tetap sama seperti sebelumnya, tetap satu merek karena kita sudah ada ikatan kontrak dengan pihak sponsor,” ujarnya lagi.

Dengan begitu untuk musim balap ISSOM 2020 ini, ada tiga kelas dalam BMWCCI One Make Race yaitu kelas BMW E36 Rookie, BMW E36 Advance (Seeded dan Non Seeded) dan BMW E30 Open.

Adapun target peserta, Gita berharap disetiap kelasnya ada 10 pebalap, yang disesuaikan dengan batas maksimal dari lintasan Sentul International Circuit, yakni 32 starter.

“Kami tidak memungkiri sebagai kelas baru, pasti banyak yang ingin memastikan berbagai hal sebelum menggelar balapan dengan dua tipe berbeda,” lanjut Gita.

Direncanakan, peresmian dari even balap satu merek ini akan diumumkan pada 15 Februari nanti di showroom BMW Bestindo, Sektor 7, Bintaro, Tangerang. [dp/MTH]