Peugeot 'Lawas' Raih Banyak Prestasi Dunia | dapurpacu.id

Peugeot ‘Lawas’ Raih Banyak Prestasi Dunia

Peugeot 504 menjadi yang pertama meraih gelar COTY di jajaran Peugeot.

DAPURPACU – Pengalaman Peugeot dalam melahirkan keberagaman produk berkualitas di dunia tentu sudah tak asing lagi, terutama di belahan Benua Biru Eropa.

Identiknya pabrikan mobil asal Perancis ini dibuktikan dengan berbagai prestasi tingkat dunia. Terkini, salah satu hatchback-nya yakni Peugeot 208 berhasil meraih predikat Car of the Year (COTY) 2020 di Jenewa, Swiss.

Dengan diraihnya gelar ini turut memperpanjang rekor tersendiri bagi Peugeot, di mana total ada 6 penghargaan di ajang paling bergengsi di industri otomotif itu.

Sebagai informasi, ajang tersebut sudah dilangsungkan sejak 1964 silam dan menjadi yang paling bergengsi di kalangan produsen otomotif global setiap tahunnya.

Dalam pemilihan mobil terbaik itu setidaknya melibatkan penilaian 60 jurnalis otomotif terkemuka dari seluruh Eropa. Hal ini menegaskan, ajang ini begitu ditunggu-tunggu kalangan otomotif dunia.

Kembali ke prestasi Peugeot, sudah ada enam model yang mampu meraih gelar itu. Rinciannya, dua model terbaik sebelum era millennial yaitu Peugeot 504 (1969) dan 405 (1988).

Sementara pada pasca-millennia, peraih gelar Car of the Year direbut oleh Peugeot 307 (2002), 308 (2014), 3008 SUV (2017), dan terakhir adalah 208.

“Menjadi satu dari tiga brand yang meraih penghargaan terbanyak di ajang Car of the Year adalah sebuah kebanggaan!” ucap Jean-Phillipe Imparato, Direktur Peugeot, dalam keterangan resminya, Minggu (12/4).

“Dalam 6 tahun terakhir, Peugeot telah meraih 3 buah penghargaan COTY! Penghargaan ini menjadi sebuah pencapaian perusahaan dan juga referensi bagi para customer kami,” pungkas Imparato.

Rekor kemenangan yang diraih Peugeot tentunya merefleksikan dominasi desain, teknologi, performa, dan kenyamanan yang diusungnya selama 50 tahun di dunia otomotif.

Peugeot 504
Produk ini menjadi model pertama Peugeot yang berhasil memukau para jurnalis di tahun 1969. Di era kejayaannya, mobil ‘bertubuh’ sedan lima penumpang ini berhasil membius publik dunia termasuk Indonesia.

Mobil ini juga menjadi model dengan masa produksi paling lama dimana mulai diproduksi pada 1968 hingga 2005, yang terjual hampir 3 juta unit di seluruh dunia.

Peugeot 405

Prestasi lain juga diraih Peugeot 405 di ajang balap.

Hampir 2 dekade setelah 504 memenangkan gelar COTY, Peugeot 405 turut meraih gelar tersebut pada 1988. Sebanyak 54 dari 57 juri memberikan nilai tertinggi buat mobil ini.

Tak hanya itu, banyak kalangan menganggap mobil ini mampu memberikan driving pleasure dan kenyamanan terbaik pada masanya. Peugeot 405 juga mampu mencetak prestasi lainnya, yakni dengan memenangkan kejuaraan Rally Paris-Dakar 2 tahun berturut di tahun 1989 dan 1990.

Berkat kepopuleran model ini membawa tingkat penjualan lebih dari 5 juta unit di seluruh dunia. [dp/MTH]