Tokopedia Jadikan IMX 2020 Sebagai Ekosistem Modifikasi | dapurpacu.id

Tokopedia Jadikan IMX 2020 Sebagai Ekosistem Modifikasi


DAPURPACU – Sejak kali pertama digelar, ajang Indonesia Modification Expo (IMX) memang berkomitmen menciptakan ekosistem bisnis bagi para pemain di sektor tersebut, yakni modifikasi.

Berbagai dukungan pun terus meluncur dengan terselenggaranya even ini. Terkini datang dari marketplace ternama di Indonesia, Tokopedia, yang ingin menjadikan IMX 2020 sebagai ekosistem dunia modifikasi secara online.

Tokopedia melihat antusiame masyarakat terhadap kebutuhan otomotif meningkat. Hal ini berdasarkan peningkatan nilai transaksi penjualan kategori otomotif di Tokopedia dari 2018 ke 2019 yang mencapai 22 kali lipat.

Dengan peningkatan cukup signifikan tersebut diharapkan para pelaku industri modifikasi khususnya lokal dapat semakin maju dan berkembang bersama Tokopedia.

Untuk itu Tokopedia dan NMAA (National Modificator & Aftermarket Association) akan memanfaatkan teknologi untuk para pelaku industri modifikasi dan komponen aftermarket melalui IMX.

AVP of Business Tokopedia, David Kartono, memaparkan, komitmen pihaknya untuk terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem agar dapat meningkatkan kolaborasi dengan para mitra strategis.

Baca juga:  Gandeng E-Commerce, Honda Tawarkan Program Menarik

Terlebih terus berupaya memberikan platform belanja daring lebih luas untuk masyarakat, meliputi pelaku industri modifikasi otomotif dalam menyalurkan kreativitas, melalui karya modifikasi dan barang aftermarket.

“Dukungan kami terhadap Trending Workshop NMAA dan IMX 2020 mendatang merupakan komitmen untuk terus memberikan panggung lebih luas untuk masyarakat, termasuk pelaku industri modifikasi otomotif, dalam menyalurkan kreativitas mereka melalui karya modifikasi kendaraan bermotor yang mampu memajukan industri modifikasi kendaraan bermotor dan aftermarket di Indonesia,” jelas David.

Super Ecosystem Business sendiri merupakan sebuah sistem yang menghadirkan sektor layanan dan jasa terlengkap untuk kebutuhan bisnis dari para pelaku industri.

Platform ini dapat menghubungkan pelaku bisnis secara komprehensif, mulai dari penghasil barang, penyedia jasa, fintech, layanan logistik, dengan pelanggan dari UMKM, UKM, instansi pemerintah, hingga korporasi atau perusahaan.

Berbeda dengan e-commerce umumnya yang fokus ke B2C, sistem Business Super Ecosystem ini lebih fokus ke pelanggan B2B (Business to Business).

Baca juga:  Gandeng E-Commerce, Honda Tawarkan Program Menarik

David melanjutkan, tingkat antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan otomotif semakin signifikan. Peluang tersebut menjadi parameter untuk melebarkan distribusi produk kepada para pembeli potensial.

Nantinya, ratusan booth produk dan jasa yang mengisi pameran IMX 2020, yang dijadwalkan dihelat pada Oktober mendatang, dapat melakukan transaksi digital melalui platform e-commerce Tokopedia.

“Kami berharap lebih banyak penggiat otomotif yang terlibat dan bekerja sama untuk membesarkan industri modifikasi Indonesia hingga mendunia,” imbuh David.

IMX 2020 On Schedule!
Dengan semangat kolaborasi ini, para produsen produk aftermarket dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Memudahkan dalam hal memasarkan produk juga saling mendukung geliat industri otomotif nasional yang siap mendunia.

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini, Tokopedia IMX 2020 berkomitmen akan tetap diselenggarakan sesuai jadwal, yaitu pada 10-11 Oktober di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC).

Keyakinan ini karena melihat perkembangan pandemi per akhir April yang trennya stagnan, dan diharapkan akan berakhir pada Juni 2020 mendatang.

Baca juga:  Gandeng E-Commerce, Honda Tawarkan Program Menarik

Hal ini juga terlihat dari semakin banyaknya merek aftermarket dan pabrikan mobil bergabung untuk hadir di expo otomotif ini, yang akan digelar di quarter ke-empat tahun ini.

“Dengan begitu, melalui Indonesia Modification Expo tahun ini, kita bisa sama-sama membangkitkan lagi industri otomotif dan modifikasi Tanah Air!” pungkas David. [dp/MTH]