Jelang Lebaran, Jasa Marga Bakal Terapkan Tiga Layanan ini | dapurpacu.id

Jelang Lebaran, Jasa Marga Bakal Terapkan Tiga Layanan ini


DAPURPACU – Jelang Lebaran, Jasa Marga telah menyiapkan layanan demi kelancaran perjalanan pemilik kendaraan, termasuk keseluruhan fasilitas pelayanan di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), atau rest area.

Setidaknya ada tiga layanan utama yang disiapkan Jasa Marga dalam jelang Lebaran tahun 2020. Hal itu disampaikan oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad Division Head, Reza Febriano.

Pertama, layanan transaksi seperti keberfungsian peralatan tol 100%, menyiagakan personel tambahan (bantu tapping) dan personil mobile reader, serta penyiapan setiap teknisi untuk tetap siaga pada periode Lebaran tahun ini.

“Gardu operasi juga akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, dan kami pastikan pelayanan sesuai dengan SPM jalan tol tetap terjaga,” kata Reza, seperti dilansir lama resmi Jasa Marga.

Kedua yaitu layanan lalu lintas dengan menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan, pengamanan operasi terutama di lokasi rawan gangguan kamtibmas, dan memastikan kesiagaan Kendaraan Pelayanan Lalu Lintas seperti Mobile Customer Service, Derek, Ambulans, Rescue dan lainnya.

Baca juga:  Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Masih Ada

Kemudian, Jasa Marga memastikan sarana dan prasarana jalan tol dalam kondisi baik, mengatur distribusi lalu lintas, dan mempercepat distribusi informasi melalui berbagai kanal.

Ketiga berupa layanan konstruksi, dengan menyiagakan petugas 24 jam untuk menutup lubang di jalan tol, pembersihan saluran dalam mengantisipasi adanya genangan air di jalur tol dan menyiagakan kendaraan water tank untuk ketersediaan air bersih di gerbang tol dan tempat istirahat.

Selain itu, di layanan konstruksi, Reza juga menjelaskan adanya penghentian sementara kegiatan proyek/konstruksi sesuai dengan arahan dari Kementerian PUPR.

“Penghentian sementara ini nantinya akan diberlakukan sejak H-2 (21 Mei) hingga H+2 Lebaran (25 Mei 2020), untuk mendukung kelancaran operasional di jalan tol,” tambah Reza.

Tak hanya pelayanan di jalan tol, kesiapan Jasa Marga menghadapi Lebaran tahun 2020 juga dilakukan di rest area.

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business (JMRB), Tita Paulina mengatakan bahwa keseluruhan fasilitas pelayanan di rest area seperti masjid, toilet, SPBU, dan tempat makan Pujasera dalam kondisi beroperasi penuh dengan memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Baca juga:  JMRB Pastikan Rest Area Beroperasi Normal Saat Lebaran Nanti

Untuk itu, lanjut Tita, pihaknya akan melakukan pembatasan akses keluar masuk rest area, dan petugas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh karyawan dan pengunjung menggunakan thermal gun.

“Jika ada pengguna jalan yang tidak menggunakan masker atau terdeteksi memiliki suhu badan di atas 38 derajat celcius tidak diperkenankan masuk rest area, atau diarahkan ke area isolasi untuk selanjutnya dilakukan penanganan,” pungkasnya.

Selain itu, Tita juga mengatakan bahwa di rest area juga diberlakukan pembatasan waktu parkir kendaraan maksimal selama 30 menit. [dp/MTH]