Busi NGK Hadirkan Produk 'Ramah' di Kantong Untuk Mobil Bermesin NR | dapurpacu.id

Busi NGK Hadirkan Produk ‘Ramah’ di Kantong Untuk Mobil Bermesin NR


DAPURPACU – Penjualan lini produk di segmen low cost green car (LCGC) hingga kini memang membuat tergiur produsen aftermarket yang mengadu nasib di Indonesia. Meski saat ini dihadang pandemi Covid-19, tetap saja penjualannya tidak tergeser oleh segmen lain.

PT NGK Busi Indonesia rupanya sudah melihat gelagat yang nampaknya dapat menghasilkan ‘cuan’ bagi perusahaan, dengan mengenalkan produk terbaru dari varian G-Power khusus untuk segmen mobil LCGC.

Busi dengan kode LKAR6AGP yang diperuntukkan bagi kendaraan dengan tipe mesin NR, seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Juga model-model lainnya dari kedua pabrikan mobil tersebut.

Senior Manager Sales & Marketing PT NGK Busi Indonesia, Jimmy Tjan menuturkan bahwa busi dengan G-Power itu cocok pada mesin tipe NR dengan spesifikasi empat silinder.

Seperti diketahui, mesin tipe NR dipasangkan pada Avanza, Rush, Yaris, Vios, Sienta, Agya, dan Calya untuk model-model yang dihadirkan oleh Toyota. Sedangkan untuk merek Daihatsu seperti Xenia, Terios, Ayla, dan juga Sigra.

Baca juga:  Daihatsu Dress Up Challenge ke-7 Digelar Secara Virtual

“Busi LKAR6AGP diciptakan dan disempurnakan khusus untuk mobil Toyota dan Daihatsu yang menggunakan mesin tipe NR,” ucap Jimmy Tjan, dalam siaran resminya.

“Mesin tipe NR memiliki spesifikasi 4 silinder segaris DOHC dengan kapasitas mulai dari 1.200cc hingga 1.500cc, dan dilengkapi teknologi Dual VVT-i yang membuat konsumsi BBM dan emisi gas buang lebih rendah,” tambahnya pada seremoni peluncuran melalui kanal resmi NGK di Youtube.

Hadirnya busi tipe ini merupakan jawaban PT NGK Busi Indonesia yang banyak menerima permintaan dari pengguna setia busi NGK di Tanah Air, yang menggunakan mobil-mobil dari tipe mesin ini.

Banyak keluhan yang terlontar dari pemilik kendaraan bermesin tersebut, di mana menurut mereka banderol dari busi yang biasa gunakan terlalu mahal. Melihat kondisi itu membuat NGK Busi Indonesia berinovasi merancang produk unggulannya khusus untuk mesin tersebut.

Menurut Tecnhical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Octaviano, busi terbaru NGK ini memiliki berbagai keunggulan yang diyakininya bisa terserap oleh pasar.

Baca juga:  Daihatsu dan GT Radial Gelar Ngobrol Asik Bahas Eco Driving

“Keunggulan tersebut mulai dari harga yang terjangkau, interval pergantian yang cukup panjang, kinerja yang stabil serta standar dan kualitas terjamin dari NGK Spark Plugs,” imbuhnya.

Dirancang dan dibuat dari Jepang, busi ini menggunakan bahan platinum yang memiliki tingkat leleh tinggi dengan konduktivitas listrik terbaik sebagai bahan dasar central electrode.

“Ketebalan central electrode hanya 0,6 mm, yang memungkinkan lebih banyak campuran bahan bakar dan udara untuk menciptakan percikan dengan hasil ledakan energi lebih tinggi,” tambah Diko.

Selain itu, lanjutnya, busi tersebut juga memiliki ground electrode berbentuk trapesium, titik pengapian terfokus dan presisi, pembakaran lebih cepat terjadi di bagian inti api, mampu mengurangi efek quenching atau hambatan pertumbuhan inti api yang biasanya terjadi pada busi kendaraan bermotor.

“Dari keunggulan itu semua busi ini dapat menghasilkan emisi gas buang yang lebih rendah, sehingga lebih ramah lingkungan dan juga sistem pembersihan busi secara otomatis dilakukan sehingga tidak akan terjadi carbon fouling,” pungkas Diko.

Baca juga:  Daihatsu dan GT Radial Gelar Ngobrol Asik Bahas Eco Driving

Terkait harga, PT NGK Busi Indonesia mematok harga produk NGK LKAR6AGP ini 50% dari harga jual busi OEM pabrikan mesin NR (Toyota/Daihatsu), yakni sebesar Rp45.000 per buahnya. [dp/MTH]