Pamor Suzuki Terdongkrak Berkat Kontribusi Sparepart dan Aksesori | dapurpacu.id

Pamor Suzuki Terdongkrak Berkat Kontribusi Sparepart dan Aksesori


DAPURPACU – Di tengah masa pandemi ini, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mampu mencatatkan tren positif penjualan suku cadang dan aksesoris, baik kendaraan roda empat, roda dua, maupun Outboard Motor (OBM).

Dalam kelesuan industri otomotif di Tanah Air, penjualan suku cadang Suzuki baik domestik dan ekspor di semua segmen di Juni 2020 mencapai angka 92%.

“Angka ini bila dibandingkan dengan bulan yang sama 2019, setelah sempat turun selama 3 bulan berturut-turut pada periode Maret – Mei 2020,” jelas Sparepart Dept. Head PT SIM, Christiana Yuwantie.

Di sisi lain, Christiana mengakui diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah di Indonesia, membuat aktivitas dan mobilitas masyarakat menurun tajam.

Akibat dari kondisi tersebut, lanjutnya, banyak kendaraan yang harus terparkir ‘manis’ di garasi dalam waktu yang lama. Saat ini aktivitas masyarakat berangsur normal kembali.

Hal inilah yang disinyalir menjadi penyebab melonjaknya permintaan suku cadang dan aksesoris resmi Suzuki, agar saat digunakan kembali tetap dalam kondisi prima.

Christiana menambahkan, meski sempat mengalami anjlok total penjualan selama April-Mei 2020 sekitar 32% akibat pandemi, namun nilai penjualan suku cadang Juni 2020 sudah mulai mendekati angka penjualan tahun lalu sebesar 91,6%.

“Kontribusi kenaikan nilai penjualan terbesar didapatkan dari penjualan suku cadang sepeda motor sebesar 101,5% dan juga penjualan oli sebesar 126,5%,” imbuhnya.

Di masa transisi ini juga membuat total angka penjualan suku cadang OBM di bulan Juni mencapai angka 64,3%, setelah sebelumnya menyentuh angka 13,6% pada Mei lalu.

Selain bengkel resmi, aplikasi My Suzuki juga menjadi alternatif saluran pembelian suku cadang resmi Suzuki selama masa pandemi Covid-19. Tercatat jumlah transaksi telah kembali stabil di bulan Juni 2020, setelah sempat turun di bulan April dan Mei 2020.

Christiana mengklaim area Jabodetabek menjadi kontributor terbesar penjualan suku cadang dan aksesori resmi Suzuki, baik untuk mobil maupun sepeda motor.

“Juni lalu berhasil meraih peningkatan revenue sebesar 135,5% untuk sepeda motor dan 102,1% untuk segmen mobil, jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama,” ujarnya.

Kemudian disusul Jawa Tengah untuk segmen mobil dan sepeda motor, Jawa Timur untuk sepeda motor, dan Sumatera untuk mobil. Untuk pembelian suku cadang dan aksesori resmi Suzuki, pelanggan dapat langsung mengunjungi diler terdekat atau dapat menggunakan aplikasi My Suzuki yang dapat diunduh dari App Store dan Play Store.

“Permintaan masyarakat akan suku cadang dan aksesori akan terus kami penuhi dan pastikan ketersediaannya,” pungkas Christiana. [dp/MTH]