Tak Ikut Balap Offline, Honda Fokus ke Balap Virtual | dapurpacu.id

Tak Ikut Balap Offline, Honda Fokus ke Balap Virtual

Absennya balap kejurnas, membuat Honda mengalihkan fokusnya pada motorsport melalui balap virtual.

DAPURPACU – Wabah virus korona yang tengah melanda Indonesia, memupus sejumlah agenda rutin otomotif di Tanah Air. Termasuk kejuaraan balap yang menghiasi Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Atas kondisi, PT Honda Prospect Motor (HPM) pun mengalihkan beberapa agenda yang sudah dijadwalkan sebelumnya di sepanjang tahun ini. Terlebih Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia telah mengeluarkan pengumuman terkait pelaksanaan balap tanpa ‘dilebeli’ kejurnas.

Atas dasar keputusan inilah Honda Racing Indonesia (HRI) resmi membatalkan keikutsertaannya di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di sisa musim 2020 ini.

Honda Racing Simulator Championship kini jadi fokus pengembangan balap para pemula.

“Honda Racing Indonesia dengan ini mengumumkan tidak akan berlaga di ajang balap apapun pada ISSOM musim ini,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing HPM, disela temu virtual dengan media, Rabu (29/7) lalu.

Menurutnya, hal ini dilakukan demi menjaga antusiasme masyarakat dan konsumen terhadap seluruh aktivitas Honda, terutama di bidang motorsport.

Baca juga:  Resmikan Dealer Kedua di Batam, Honda Kejar 'Setoran' di Akhir Tahun

Atas dasar inilah fokus HPM dialihkan pada ajang balap berplatform digital, yang dibuktikan dengan dihelatnya Honda Racing Simulator Championship (HRSC) sejak Juni lalu.

Sebagai informasi, antusiasme yang tinggi ditunjukkan oleh para peserta pada ajang balap virtual pertama di Tanah Air itu. Ratusan peserta mendaftar dan tersaring sebanyak 60 peserta ke babak kualifikasi.

Ajang balap HRSC kini jelang memasuki seri ketiga yang akan berlangsung Sabtu (1/8) ini, di sirkuit virtual Silverstone.

“Tahun ini kami berkomitmen untuk tetap mempopulerkan balap mobil di Indonesia dengan memperluas aktivitas balap kami secara virtual,” imbuh Yusak.

“Sesuai dengan semangat Everyone Can Race yang diusung, kami yakin platform digital dapat membawa kesenangan balap ke lebih banyak orang, terutama pada masa pandemi ini,” tambahnya.

Saat ini, HRSC sudah berlangsung sebanyak dua seri, dari total enam seri yang dijadwalkan. Dua seri pertama digelar di Sirkuit Suzuka dan Sepang, menggunakan platform simulator Rfactor 2.

Ke 60 peserta tersebut terbagi dalam dua kelas, yaitu Professional dan Amateur. Akhir pekan ini (1/8), seri ketiga akan dilaksanakan di sirkuit virtual Silverstone. [dp/MTH]