Intip Keunggulan Mitsubishi Pajero Sport Hingga Jadi ‘Raja’ Medium SUV

DAPURPACU – Di pasar otomotif Nasional, dapat dikatakan Mitsubishi Motors hanya mengandalkan performa penjualan dari Xpander termasuk Xpander Cross dan Pajero Sport.

Sementara pikap niaga ringan andalannya yang baru saja mengalami pengembangan pada sektor mesin berstandar Euro 4, yakni L300, cukup sukses merebut hati para pelaku bisnis di Indonesia.

Berdasarkan siaran pers perusahaan yang rutin diinfokan setiap bulannya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebutkan total penjualan ritel dari tiap produknya.

Tak terkecuali untuk penjualan Pajero Sport, yang masih bertahan di tangga teratas segmen medium SUV 2.500 cc (4×2 & 4×4), dimana pada Juni lalu mencapai 56 persen dengan total 2.066 unit.

Dalam keterangan resminya, Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida menuturkan, pencapaian penjualan unit Mitsubishi hingga di semester pertama tahun ini merupakan bentuk loyalitas konsumen pada pelayanan yang diberikan.

Di tengah ketatnya persaingan dari masing-masing merek mobil di Indonesia, lanjut Tsuchida, pihaknya berkomitmen akan terus menjaga kepercayaan itu dengan cara meningkatkan layanan kepada konsumen.

Baca juga:  Fitur di Mitsubishi Xpander Cross ini Bikin Ga Was-was BBM Naik

“Di semester pertama 2022 ini, kami berhasil mempertahankan penjualan retail dengan sangat baik dan juga menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan semester pertama tahun lalu,” tambahnya.

“Dengan kompetisi yang semakin ketat dan tantangan yang juga semakin banyak, penjualan kami tetap menunjukkan angka yang positif,” tutur Tsuchida.

“Hal tersebut menjadi salah satu indikasi bahwa produk dan layanan yang kami persembahkan menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat di Indonesia,” tandasnya.

Untuk itu, MMKSI berupaya mengoptimalkan pengembangan setiap modelnya termasuk Pajero Sport, dengan menghadirkan beragam keunggulan fitur terbaik di kelasnya.

Berbagai keunggulan yang ditunjukkan pada konsumen untuk SUV berjenis ladder frame itu diantaranya memiliki ground clearance ideal setinggi 218 mm itu untuk melibas beragam permukaan jalan.

Dari sektor keamanan dan kenyamanan berkendara, mobil bertubuh bongsor ini juga dilengkapi delapan sensor (depan-belakang) bertugas untuk menjalankan fitur-fitur keamanan.

Baca juga:  Untung Banyak Beli Mitsubishi L300 di Bulan ini

Terdapat juga Power Tailgate with Kick Sensor yang memudahkan pengguna membuka dan menutup pintu bagasi, hanya dengan mendekatkan kaki ke bawah bemper belakang.

Fitur itu jelas sangat membantu jika pemilik Pajero Sport sedang membawa barang bawaan yang banyak dan harus membuka pintu bagasi seorang diri.

Tak kalah menarik, Pajero Sport menjadi mobil pertama dikelasnya yang mengaplikasikan akses kemudahan melalui aplikasi Mitsubishi Remote Control.

Aplikasi tersebut menghubungkan mobil dengan pemilik melalui smartphone agar dapat mengoperasikan berbagai fungsi, misalnya menutup pintu bagasi dan lain-lainnya.

Pajero Sport dilengkapi fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) yang membuat pengendalian mobil jadi lebih baik dalam berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Ada juga fitur Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS) guna mengantisipasi pengemudi yang panik saat melakukan rem mendadak (panic braking) namun justru menekan pedal gas.

Selain itu, disematkan juga fitur Electronic Brake Distribution sehingga pengereman mobil dapat lebih aman dan nyaman karena distribusi pengereman diatur secara elektronik.

Baca juga:  Ajang AXCR 2022 Jadi 'Medan' Sesungguhnya Bagi Image Mitsubishi Triton

‘Amunisi’ utama Pajero Sport selain tampilannya yang makin sporty dan mewah sejak facelift beberapa waktu lalu adalah sektor performanya, yang dihasilkan dari dua tipe mesin diesel berbeda.

Sebagai informasi, Pajero Sport berpenggerak 4×2 hadir menawarkan empat tipe yaitu Dakar Ultimate 4×2, Dakar 4×2 AT, Exceed 4×2 AT dan Exceed 4×2 MT.

Pajero Sport tipe Exceed 4×2 dilengkapi mesin diesel 2,5 4D56 Commonrail Turbochanged yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi 5-percepatan.

Sementara untuk varian Dakar 4×2 mengusung mesin 2,4 liter 4N15 MIVEC turbocharged dengan transmisi manual 8-percepatan. Sedangkan tipe Dakar Ultimate, dengan mesin yang sama, dilengkapi transmisi otomatis 8-percepatan dan manual 5-percepatan untuk tipe GLX 4×4.

Pajero Sport 4×4 dibekali mode offroad dengan mode berkendara gravel, mud/snow, sand dan rock, yang dapat mengontrol output mesin, transmisi dan traksi di setiap roda. [dp/MTH]