Lakoni Strategi Jitu, Max Verstappen Juara GP Hungaria

DAPURPACU – Pebalap tim red Bull Racing, Max Verstappen kembali menyumbangkan kemenangan pada laga lanjutan F1 GP Hongaria, Minggu (31/7). Kemenangan ini menjadi yang kedua berturut-turut diraihnya.

Max memuji cerdiknya strategi yang diterapkan oleh tim, sekaligus mematahkan dominasi rival terkuatnya yang sempat memimpin di awal balapan. Sementara Sergio Perez berhasil finis di posisi 5.

Seperti diketahui, kendala teknis yang terjadi pada sesi kualifikasi, membuat pebalap berpaspor Belanda dan Meksiko harus puas mengisi grid 10 dan 11.

Meski demikian, kondisi tersebut bukanlah menjadi kendala berarti bagi keduanya, yang dibuktikan dengan podium pertama direbut oleh Max dan Perez di urutan 5.

Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, Sri Adinegara mengapresiasi apa yang sudah dilakukan tim Red Bull Racing F1 di GP Hongaria 2022.

Menurutnya ini merupakan kemenangan yang luar biasa bagi Max. Dirinya juga menyanjung penampilan Perez yang cukup kompetitif sepanjang balapan, meski terkendala oleh perubahan cuaca.

Baca juga:  Begini Keseruan Konsumen dan Perwakilan Jaringan Federal Oil Nonton MotoGP Jepang

“Menyuguhkan balapan yang menarik, melihat start dan sirkuit yang menyulitkan pebalap, namun Verstappen bisa menunjukkan mental juara yang didukung dengan talenta terbaik, serta performa RB18 dan strategi yang tepat dari tim,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil balapan, Verstappen menyelesaikan waktu 1:39:35,912 detik selama 70 putaran, unggul 7,834 detik dari Lewis Hamilton di posisi dua.

“Diluar dugaan bisa menang balapan kali ini padahal start dari posisi 10, terutama di lintasan seperti ini yang sangat sulit untuk menyalip,” ujar Verstappen.

Dirinya mengungkapkan bahwa tim melakukan strategi yang tepat untuk melakukan pit stop, dan melakukan penggantian ban serta pengisian bahan bakar.

“Semuanya berlangsung rapi dan secara keseluruhan kami melakukan pekerjaan yang bagus sebagai tim. Ini adalah balapan yang terbaik buat saya, meski sempat melintir 360 derajat,” tambahnya.

Untuk Perez sendiri sebenarnya berpotensi bisa meraih podium, andaikan tidak terkendala dengan munculnya Safety Car. Meski begitu dirinya cukup puas dengan hasil akhir di puncak klasemen.

Baca juga:  Begini Keseruan Konsumen dan Perwakilan Jaringan Federal Oil Nonton MotoGP Jepang

Padahal, pasca melakoni kualifikasi yang mulus, dirinya beranggapan akan melakoni balapan yang buruk. Namun akhirnya, Perez mampu meraih poin penting pada seri itu.

Perez mengakui jalannya balapan sangat sulit ditebak bahkan hingga akhir race, di mana kondisinya cepat berubah dan khususnya saat munculnya Safety Car.

“Hal ini membuat semuanya mengalami temperatur ban jadi lebih dingin. Secara keseluruhan kita kurang beruntung (Safety Car) karena kami berpotensi mengejar Sainz dan Russell, dan saya merasa sudah kian dekat dengan mereka hingga jelang akhir balapan,” tandasnya.

Sebagai informasi, usai GP Hungaria 2022, para pebalap akan rehat selama satu bulan menikmati libur musim panas. Balapan bakal kembali berlanjut pada GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamp, 28 Agustus mendatang.

Adinegara mengatakan, sekembalinya libur musim panas, diharapkan tim semakin solid dan kuat untuk mengamankan gelar Juara Dunia dan Konstruktor di 9 seri tersisa.

Baca juga:  Begini Keseruan Konsumen dan Perwakilan Jaringan Federal Oil Nonton MotoGP Jepang

Saat ini, Verstappen masih menghuni posisi teratas dengan mengantongi 258 poin. Sedangkan Perez menduduki urutan ketiga dengan mencatatkan poin sementara 173, terpaut 5 poin dari Charles Leclerc yang berada di posisi dua.

“Dari 13 balapan berlangsung, Verstappen mampu menang 8 kali dan Perez menang 1 kali. Balapan masih ada 9 seri lagi, dominasi podium tentunya sangat ditunggu oleh para penggemarnya di Indonesia,” imbuhnya.

“Tentunya hasil ini akan menjadi kebanggaan Mobil™ Lubricants yang turut mendukung performa RB18 sepanjang musim Formula 1 2022,” pungkas Adinegara. [dp/MTH]