Gelar Jambore, Begini Cara Overlanding Indonesia Tanamkan Kecintaan pada Alam

DAPURPACU – Pecinta petualangan bersama kendaraan yang tergabung dalam komunitas Overlanding Indonesia sudah ada sejak akhir 2020, terus mengajak anggota aktif mengeksplorasi alam.

Perkumpulan besutan Agus Harimukti Yudhoyono ini terbilang rutin menghelat beragam aktivitas di berbagai daerah, mulai dari Padang, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur dan berbagai daerah lain di Indonesia.

Ketua Umum Overlanding Indonesia, Renville Antonio menuturkan, berdirinya komunitas ini bermula dari kesamaan pandangan pada dunia petualangan alam di Tanah Air.

Sekaligus, lanjut Renvil, merupakan wujud kecintaan putra sulung mantan Presiden RI itu yang memiliki mimpi untuk berpetualang keliling Indonesia dan berbaur dengan masyarakat di berbagai daerah.

“Overlanding Indonesia memang baru berdiri, namun sampai saat ini terdapat 5 chapter di 5 provinsi yang sudah terbentuk,” ujarnya disela temu media di kawasan Senayan, Rabu (14/9).

Dia pun mengklaim komunitas ini masih terus membentuk chapter-chapter di provinsi-provinsi dan kabupaten untuk memperluas jaring di seluruh Indonesia.

Renvil menegaskan tujuan utama berdirinya komunitas ini yaitu menjalin persaudaraan sekaligus merawat keberagaman bangsa, melalui berbagai aktivitas petualangan yang melibatkan berbagai komunitas offroad dan masyarakat.

Untuk itu, dalam waktu dekat ini, Overlanding Indonesia bakal menggelar Jambore Otomotif Indonesia (JOI) yang direncanakan di helat di Pantai Pakkodian, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Digelar pada 23 – 25 September 2022, Renvil mengklaim sudah ada 1.500 peserta dari 61 komunitas pecinta petualangan alam di Indonesia yang bakal bergabung dalam even itu.

Menariknya dalam kegiatan tersebut peserta tidak dipungut biaya apapun, sehingga mereka dapat menikmati sensasi petualangan sembari berkemah secara gratis.

Renvil memaparkan, ada agenda khusus digelarnya JOI di pantai tersebut, yaitu turut memopulerkan Kawasan Wisata Danau Toba. Hal itu diamini oleh Ketua Overlanding Indonesia Chapter Sumatera Utara, Irmansyah Lubis.

Menurutnya, alasan dipilihnya Sumatera Utara sebagai lokasi acara karena ingin memperkenalkan kawasan pariwisata di sekitar Danau Toba yang gencar di perkenalkan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Untuk itu, dia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan tidak kurang dari 600 tenda yang akan menampung para petualang dari berbagai komunitas baik mobil offroad maupun para bikers.

Renville menuturkan, bukan tidak mungkin untuk ke depannya aktivitas yang sama juga akan masuk agenda di wilayah lainnya, seperti Lampung, Sumatera Barat hingga Pulau Jawa.

“JOI akan menggiatkan wisata di Danau Toba yang didukung penuh Pemerintah setempat. Peserta tinggal datang saja, karena konsumsi dan tenda sudah disiapkan untuk peserta,” tandasnya.

Sebagai informasi, Overlanding Indonesia telah membuka booth di depan JCC Senayan hingga 16 September 2022, dengan tujuan menjaring masyarakat yang ingin bergabung dalam JOI 2022. [dp/MTH]