DAPURPACU – Gelaran Busworld Southeast Asia 2022 dimanfaatkan sejumlah perusahaan dan produsen bus untuk mendapatkan perhatian positif dari publik.
Salah satunya oleh PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), yang melakukan serah terima unit bus dengan karoseri Adiputro kepada PO bus Efisiensi dan Subur Jaya.
Bus yang digunakan oleh PO Efisiensi dan Subur Jaya ini berbasiskan sasis Hino RK260 dengan bodi Jetbus 3+ MHD. Handover Ceremony dilakukan di booth karoseri Adiputro, JIExpo Kemayoran, Kamis (6/10).
Penyerahan secara simbolis melalui serah terima mockup kunci bis diwakili oleh Masato Uchida, Presiden Direktur HMSI kepada Teuku Ery selaku owner PO Efisiensi dan Agus Tjahyana, owner PO Subur Jaya.
Direktur HMSI, Tomoki Hattori mengapresiasi pihak PO Efisiensi dan Subur Jaya yang selalu loyal menggunakan Hino Bus sebagai armada utama bisnisnya.
“Hino RK260 sendiri merupakan rajanya bus di Indonesia, dan merupakan favorit para pengusaha PO Bus karena memang mesinnya yang andal dan mudah dalam perawatan,” ujar Hattori, disela penyerahan unit.
Seperti diketahui, pengusaha PO saat ini terus menggeliat ditengah bangkitnya kondisi pandemi yang berangsur turun. Kondisi dunia transportasi dan pariwisata pun dibidik oleh sejumlah PO bus dan industri karoseri.
Hino sendiri diklaim terus menjadi pilihan utama para perusahaan otobus, baik melayani bis pariwisata, antar kota antar propinsi (AKAP), maupun bis transportasi untuk dalam kota.
Hal ini dapat dibuktikan melalui data Gaikindo per Agustus 2022, dimana Hino berhasil menguasai 53% market share bus besar dan menjadi market leader di Indonesia.
Khusus era mesin Euro 4 saat ini, Hino memiliki line up terdiri dari AK 240 (mesin depan), serta varian RK yang merupakan model terlaris di jajaran bus Hino.
Terbaru ada RM 280, dilengkapi wide air suspension yang meningkatkan stabilitas kendaraan demi kenyamanan penumpang, serta sasis space frame untuk desain bagasi yang tembus dengan kapasitas volume ±9.000 liter.
Untuk produk Bus Euro4, Hino memiliki pembaruan dimana semua line up Hino Bus besar menggunakan 10 baut roda sistem iso, sehingga roda lebih kuat dalam menahan beban kendaraan dan lebih mudah dalam perawatan.
Pada bus Euro4, Hino juga mengembangkan piston engine dengan material baru, yaitu Ferrum Casting Ductile (FCD) dengan tetap mempertahankan keunggulan oil gallery yang digunakan untuk piston engine J08E Euro4.
Kedua komponen itu memiliki ekspansi termal yang lebih kecil sehingga cocok digunakan pada angkutan jarak jauh nonstop. Terdapat juga overheat control system (OCS) untuk mencegah adanya engine blow, karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.
PO Efisiensi dan PO Subur Jaya Konsisten dengan Hino
Sebagai informasi, PO Efisiensi yang bermarkas di Kebumen, Jawa Tengah, banyak melayani rute perjalanan jalur selatan Pulau Jawa, terutama Yogyakarta hingga Cilacap dan sebaliknya.
PO tersebut selalu menghadirkan armada-armada baru yang mayoritas menggunakan bus Hino, untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan perjalanan setiap harinya.
Dengan armada prima dan pelayanan yang maksimal dengan terus mengutamakan kebutuhan penumpang, membuat PO Efisiensi menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin berpergian dengan tujuan kota-kota di selatan Pulau Jawa.
Sementara untuk PO Subur Jaya merupakan salah satu operator bus pariwisata besar. PO bus asal Rembang, Jawa Tengah ini memiliki armada bus yang besar dan banyak menggunakan Hino.
Untuk terus menjaga layanan yang prima, PO Subur Jaya selalu melakukan peremajaan busnya setelah 3 tahun dan menggantinya dengan unit bus terbaru. [dp/IS]