Prestige Motorcars Boyong Lamborghini Urus S, SUV Terkencang di Dunia

DAPURPACU – Prestige Motorcars resmi menghadirkan Lamborghini Urus S untuk melengkapi rangkaian produk sekaligus menyegarkan lini SUV yang sudah ada sebelumnya.

Sebagai produk yang mengusung konsep visioner kendaraan Super Sport Utility Vehicle (SSUV), model tersebut diklaim lahir dari DNA khas Lamborghini murni.

Secara desain pun Urus S merupakan SSUV canggih, terkencang, paling sangar di dunia yang memadukan performa dan kenyamanan maksimal di segala medan dan permukaan jalan.

Berbagai tanggapan positif meluncur dari berbagai media, salah satunya dari situs web www.autoexpress.co.uk, yang menyebutkan bahwa Urus S telah memiliki ‘panggung’ dalam hal performa.

“Sebagai SUV keluarga, Lamborghini juga dibekali performa mumpuni. Dengan hadirnya dua model yang bisa dibedakan untuk dipilih, Urus seharusnya menjadi lebih populer dari sebelumnya,” tulis media itu.

Situs web lokal pun memberikan tanggapan positifnya untuk Urus S, dimana model ini layak menyandang SUV produksi massal terkencang di dunia, dengan paket lengkap bagi mereka yang mencari mobil keluarga.

CEO Prestige Motorcars, Rudy Salim mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk memajukan industri otomotif Indonesia, dengan menghadirkan beragam inovasi terbaru.

Rudy menuturkan bahwa kini opsi SUV di Indonesia semakin luas dengan dihadirkannya Urus S melalui Prestige Motorcars, dan sudah dapat dipesan oleh konsumen.

“Kami merekomendasikan Urus S bagi pengemudi yang menginginkan pengalaman berkendara yang memacu adrenalin. Karena ini bukan sekedar SUV, melainkan SSUV,” tandasnya.

Sebagai informasi, Automobili Lamborghini mencatatkan hasil penjualan terbaiknya dengan membukukan 8.405 unit mobil dikirim ke seluruh dunia sepanjang 2021.

Strategi pertumbuhan ini embuat penjualan naik 13% dibandingkan di 2020, menghasilkan pertumbuhan dua digit di ketiga pasar terbesar Lamborghini, yaitu Amerika (+14%), Asia Pasifik (+14%) dan EMEA (+12%).

Dari jumlah tersebut, Urus Super SUV berkontribusi besar dengan angka 5.021 unit, disusul Huracán dengan pengiriman 2.586 unit dan V12 Aventador yang membukukan angka 798 unit.

Desain Urus S masih mempertahankan tampilan berotot dengan garis tegas khas Urus. Meski demikian dimensi pahatannya sekarang dirancang lebih besar dari sebelumnya.

Kemudian untuk bumper depan dan belakang terlihat lebih gagah, serta lengkungan rumah roda baru dan kap mesin dibalut serat karbon.

Detail menarik lainnya termasuk dipasangkannya velg berukuran 23 inci dan 22 inci, serta skid plate yang terbuat dari baja di bagian depannya.

Masuk ke interior, mampu mengekspresikan desain kontemporer, yang menawarkan kenyamanan mewah dengan permukaan kulit, elemen trim dalam berbagai sentuhan akhir sebagai pelengkapnya.

Selain itu, terdapat pilihan Ad Personam yang memungkinkan pengemudi melakukan kostumisasi pada Urus S sesuai dengan selera dan gaya pribadinya.

Fitur navigasi, kenyamanan, keselamatan dan hiburannya yang canggih adalah elemen dari konektivitas on-board. Di sisi lain, turut pula disematkan komponen-komponen canggih lainnya, meliputi:

• Mesin
Inti dari Urus S adalah mesin 4.0 liter V8 twin-turbocharged. Dengan output daya maksimum 653 hp dengan torsi puncak 850 Nm direntang putaran 2.300 – 4.500 rpm.

Pedal akselerator yang lebih responsif dan peningkatan peningkatan dorongan untuk fase peluncuran, menawarkan pengalaman berkendara yang lebih mendebarkan.

Performa terbaik di semua kondisi berkendara dicapai melalui kombinasi transmisi otomatis delapan percepatan dan penggerak semua roda permanen dengan vektor torsi belakang aktif.

Hasilnya, Urus S mampu berakselerasi hingga 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik, sementara konsumsi bahan bakar kombinasi mencapai 7,1 km/liter (14,1 l/100 km) dengan emisi CO2 320 g/km.

• Sasis
Dilengkapi dengan sistem kontrol dinamika kendaraan mutakhir, Urus S beradaptasi dengan berbagai situasi berkendara dan kondisi jalan beragam.

Teknologi canggih ini mencakup penggerak semua roda permanen dengan vektor torsi belakang aktif, kemudi empat roda, suspensi udara adaptif, sistem stabilisasi gulungan dengan respon terus menerus dan cepat.

Terdapat juga rem karbon keramik untuk performa pengereman terbaik yang ditawarkan segmen SUV. Paket teknologi unik ini dikelola oleh Lamborghini ANIMA Selector yang khas.

• Sistem Keamanan ADAS
Urus S dibekali sistem berkendara dan keselamatan canggih untuk kenyamanan dan keamanan yang optimal. Di jalan raya, pengemudi dapat memilih dari tiga mode ADAS (Advanced Driver Assistance System): Jalan Perkotaan, ADAS Penuh, atau Jalan Raya.

• ANIMA
ANIMA adalah inti dari dinamika berkendara Lamborghini dan merupakan sistem kontrol kunci untuk memilih pengaturan berkendara yang diinginkan oleh pengemudi.

Fitur ini menawarkan tiga mode on-road, yaitu Strada untuk kemudahan berkendara, kenyamanan dan keamanan; Sport untuk kelincahan dan peningkatan daya tanggap; dan Corsa untuk presisi dan performa maksimal.

Sedangkan untuk medan off-road tersedia mode NEVE, yang memastikan kemudahan dan keamanan bahkan di permukaan yang licin; dan Terra yang meningkatkan kenyamanan dan kelincahan dalam kondisi off-road.

Tersedia juga mode Sabbia, ditujukan untuk medan berpasir, serta Ego yang mengubah dinamika kemudi, suspensi dan traksi seperti yang ditentukan oleh pengemudi.

• Technology And Infotainment
Lamborghini Infotainment System III (LIS III) menampilkan dua layar sentuh face-lift yang intuitif dengan umpan balik haptic, perintah suara interaktif dan tiga tampilan definisi tinggi yang inovatif.

Representasi dan ikon pada panel instrumen berubah sesuai dengan mode berkendara yang dipilih. Konsep multi-koneksi terkini meningkatkan keamanan dan hiburan.

Fitur uniknya adalah sistem suara Bang & Olufsen dengan teknologi suara 3D mutakhir yang dihasilkan dari 21 speaker yang terpasang di seluruh area kabin. [dp/TH]

 

Previous articleChery Omoda 5 Tampilkan ‘Amunisi’ Berbeda, Jadi Pemikat Utama Konsumen
Next articleTampil di PEVS 2023, Kymco Unjuk Kekuatan Skuter Listrik iONEX