Tampil di PEVS 2023, Kymco Unjuk Kekuatan Skuter Listrik iONEX

DAPURPACU – Kymco tampil dengan kekuatan penuh rangkaian produk sepeda motor listriknya di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 di JIEXPO, Kemayoran.

Pada momen tersebut, Kymco memperkenalkan produk skutik listrik iONEX untuk pertama kalinya di ajang tersebut, sebagai bentuk dukungan dalam percepatan elektrifikasi di Indonesia.

Direktur Kymco Indonesia, Chen Jung Lung mengatakan, hadirnya iONEX ini sebagai bentuk persembahan dari perusahaan untuk pasar sepeda motor listrik di Tanah Air.

Berbekal desain yang menarik, Lung menegaskan bahwa iONEX juga memiliki ketangguhan dan ketahanan yang telah teruji sebagai moda transportasi ideal untuk aktivitas harian.

“Kami yakin dengan kualitas yang telah kami tanam pada produk motor listrik iONEX,” terang Lung, disela perkenalan keempat model skuter listrik iONEX, Jumat (19/5) lalu.

“Motor ini telah mendapatkan semua pengujian yang dibutuhkan sehingga memiliki kualifikasi tinggi untuk sebuah motor listrik, dan tentu akan memberikan experience baru sesuai ekpektasi pasar,” tambahnya.

Kymco iONEX hadir dalam empat model yakni Agilty EV, i One Series dan Mo One sebagai motor prototype. Balutan modern nan futuristik dan sporty plus nuansa klasik mampu disematkan pada bodinya.

Baca juga:  AHM Rilis Dua Produk Motor Listrik Terbaru, Segini Harganya

Kymco Agility EV

Skutik ini tampil menarik dengan desain sporty, yang digadang-gadang cocok untuk mobilitas di perkotaan. Agility EV dibekali daya maksimum 2,0 kW atau setara 2,6 tenaga kuda.

Terdapat baterai Li-NMC berkapasitas 50,82V/34,3 Ah, yang diklaim mampu berakselerasi hingga 75 km per jam, dengan jarak tempuh sekitar 90 km didukung dua baterai yang tersedia.

Secara dimensi, Agility punya bobot 90 kg dengan panjang 1.805 mm, lebar 725 mm, tinggi 1.112 mm, serta wheelbase 1.300 mm. Ban yang digunakan berkuran 90/90-12 di depan dan 120/70-12 di bagian belakang.

Kymco Agility EV didukung sistem pengereman cakram di kedua rodanya untuk memberikan keamanan maksimal saat berkendara.

Kymco i One Series

Unit prototype ini hadir dalam dua model yaitu i One XS dan i One Plus. Dijadwalkan kedua bakal segera melantai ke pasar Indonesia dengan berbagai keunggulan.

Untuk model i One X memiliki power 2000 Watt dengan model baterai Li-NMC berkapasitas 50,82V/34,3 Ah 1.743 Watt.

Dengan kekuatan baterai itu, mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 49 km/jam dengan daya tempuh 90 km. Secara keseluruhan KYMCO i One Series memiliki bobot 75 Kg.

Baca juga:  AHM Rilis Dua Produk Motor Listrik Terbaru, Segini Harganya

Motor i One Series memiliki dimensi panjang 1.785 mm, lebar 725 mm, tinggi 1.095 mm, dengan wheelbase 1.285 mm yang didukung dengan ban berukuran 90/70-12 di depan dan 90/80-12 di belakang. Sistem pengeremannya menggunakan rem cakram.

Motor ini punya spesifikasi yang mirip dengan saudaranya. Ia punya power 2000 Watt dengan tipe baterai Li-NMC 50,82V/34Ah 1.743 Watt.

Sementara untuk i One Plus memiliki top speed 50 km/jam dengan daya jelajah hingga 90 km. Bobotnya mencapai 84 kg, dengan dimensi panjang 1.765 mm, lebar 725 mm, tinggi 1.099 mm dan wheelbase 1.290 mm.

Motor tersebut menggunakan ukuran ban depan 90/80-12 dan ban belakang dengan ukuran yang sama. Sementara remnya mengombinasikan cakram di depan dan tromol di belakang.

Dengan kemampuan jelajah yang relatif tinggi, i One Series bisa menjadi teman perjalanan konsumen untuk aktivitas pekerjaan di kota besar seperti Jakarta.

KYMCO Mo One

Produk prototype lainnya yang turut diperlihatkan di booth Kymco adalah sepeda listrik Mo One yang memiliki desain futuristik. Mo One dibekali daya 400 watt dari baterai Li-NMC 50,82V/34,3Ah 1.743 Watt.

Baca juga:  AHM Rilis Dua Produk Motor Listrik Terbaru, Segini Harganya

Kecepatan yang digapai mencapai 25 – 50 km/jam, dengan kemampuan jarak tempuh 90 km. Mo One memiliki dimesi panjang 1.695 mm, lebar 732 mm, tinggi 1.052 mm, dengan wheelbase 1.220 mm.

Ia mengunakan ban ukuran 3.50-16, sementara sistem pengeremannya menggunakan rem cakram.

Baterai iONEX

Adapun baterai yang digunakan skutik listrik iONEX memiliki kualitas tinggi, karena jenis baterai sel tersebut memiliki spesifikasi yang sama dengan yang digunakan mobil Tesla.

Baterai sangat kuat karena konstruksi dengan teknologi terbaik yang membuatnya mampu bertahan dari insualasi, korosi dan anti-oksidasi. Plus sangat tahan banting.

Klaim ketahanan baterai ini terbukti dengan sejumlah pengetesan seperti ketahanan dari tegangan listrik, uji resistensi, guncangan, getaran hingga suhu ekstrem di area panas mapun lembab.

Dari serangkaian tes tersebut baterai iONEX dengan spesifikasi Li-NMC 14S 7P dengan Cell 21700 yang digunakan pada motor listriknya dapat diandalkan. [dp/TH]

Previous articlePrestige Motorcars Boyong Lamborghini Urus S, SUV Terkencang di Dunia
Next articleKymco Terapkan Skema B2B, Bidik Segmen Fleet