Sejarah Pertama, Veda Ega Jadi Juara IATC 2023

DAPURPACU – Akhirnya Veda Ega Pratama berhasil mewujudkan mimpi menjadi pebalap Indonesia pertama yang meraih juara di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) musim 2023.

Pencapaian ini terbilang menjadi sejarah pertama bagi pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) di kasta tertinggi para pebalap muda di kawasan Asia.

Podium pertama yang diraih Veda pada race kedua seri kelima IATC 2023 di Sepang International Circuit, Malaysia, Minggu (12/11), berhasil mengunci gelar juara pada ajang tersebut.

Prestasi yang digapai Veda melengkapi hasil yang diraih pebalap binaan AHM lainnya yang juga berhasil mengunci gelar juara Asia Road Racing Championship 2023 kelas AP250 dan juara balap nasional Mandalika Racing Series.

Veda mampu mendulang tujuh podium pertama dan satu podium kedua dari 10 balapan IATC yang telah digelar di musim ini, dengan menyisakan dua balapan lagi pekan depan di Qatar.

Baca juga:  Fadillah Arbi Aditama Siap Berlaga di Junior GP Barcelona

Sebagai informasi, tahun lalu Veda hanya mampu menempati posisi ketiga klasemen pebalap di akhir musim pada ajang balap yang sama.

Hingga seri kelima IATC, Veda berhasil menempati posisi pertama klasemen sementara dengan 206 poin, selisih 69 poin dari pebalap yang menempati posisi kedua klasemen.

Sedangkan Raykat Fadilah yang absen pada balapan seri ini menempati posisi 12 dan Chessy pada posisi 14 dengan raihan poin yang sama yakni 38 poin.

“Saya bersyukur dan sangat senang dengan hasil ini. Kemenangan ini membuat saya mampu untuk mengunci gelar juara IATC pertama untuk Indonesia,” tutur Veda usai balapan.

“Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya. Terima kasih kepada AHM atas support yang diberikan, serta kepada kedua orang tua, keluarga dan juga tentunya semua orang yang mendukung saya hingga hari ini,” ujarnya.

General Manager Marketing and Planning Analysis AHM, Andy Wijaya menuturkan, pebalap muda binaan AHM telah menunjukkan hasil kerja kerasnya di kancah balap Asia.

Baca juga:  Fadillah Arbi Aditama Siap Berlaga di Junior GP Barcelona

Gelar juara IATC 2023 yang berhasil dikunci Veda, lanjut Andy, menjadi salah satu cerminan bahwa talenta balap Indonesia mampu bersaing di ajang balap internasional.

“Gelar juara ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia yang terus mendukung para pebalap Astra Honda. Kami akan terus mendampingi para talenta balap muda dalam mengembangkan kemampuan terbaiknya, sehingga dapat mencapai balapan tertinggi dunia,” pungkasnya.

Seri pamungkas IATC 2023 masih menyisakan satu putaran lagi yang digelar di Losail International Circuit, Qatar, pada 18-19 November 2023. [dp/TH]

Previous articleTiap Pembelian Seres E1 Gratis Wall Charger, Bisa Dipasang di Mana Saja
Next articleMau Carpool Karaoke di Suzuki Baleno dan Grand Vitara? Begini Caranya