DAPURPACUID – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berhasil mendulang hasil penjualan positif sepanjang tahun 2023, dengan torehan total mencapai 30.085 unit.
Jumlah ini mengalami pertumbuhan sebesar 1,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pencapaian ini, pangsa pasar Isuzu mampu menguasai segmen kendaraan niaga di Indonesia sebesar 27,7 persen.
Hasil peningkatan minim pangsa pasar tersebut diklaim berkat upaya IAMI melihat seluruh peluang pada industri komersial di Tanah Air.
President Director IAMI, Yusak Kristian Solaeman mengaku pihaknya bersyukur bisa melewati tahun lalu dan menorehkan pencapaian positif, berkat memegang teguh prinsip Cautious Optimism.
“Kami berhasil memaksimalkan sumber daya yang dimiliki serta memanfaatkan peluang-peluang usaha yang ada pada 2023, sehingga pangsa pasar Isuzu di segmen kendaraan niaga bisa meningkat,” ujarnya.
Dari total penjualan selama 2023, truk ringan Isuzu Elf menjadi kontributor terbesar hingga mencapai 14.000 unit. Disusul medium pick up Traga yang terjual lebih dari 11.000 unit.
Namun secara persentase, lonjakan tertinggi penjualan Isuzu pada 2023 lalu dicapai oleh GIGA, yang naik sebesar 34,5 persen. Sementara secara market share, Isuzu GIGA meningkat sebesar 4 persen, menjadi 17 persen.
Kemudian untuk segmen light commercial Isuzu yang dihuni oleh Mu-X juga naik mengalami peningkatan hingga sebanyak 94,7 persen.
Lebih lanjut Yusak memaparkan bahwa seluruh pencapaian ini tidak terlepas dari pertumbuhan sektor konsumsi rumah tangga yang berdampak pada bisnis ritel.
“Kemudian dari sektor transportasi yang juga terus mengalami pertumbuhan sejak Covid-19, serta permintaan di sektor tambang yang terus tumbuh di tengah moderasi harga komoditas global,” tandasnya.
Prestasi ini juga menambah deretan performa luar biasa PT IAMI selama 4 tahun berturut-turut, di mana perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar sebesar 4,0 persen.
Sedangkan untuk suku cadang mengalami kenaikan signifikan sebesar 19,8 persen dan ini menjadi capaian terbaru Isuzu di Indonesia. [dp/TH]