Melirik Perjalanan Hyundai N Brand di Dunia

DAPURPACUID – Hyundai Motor Company melalui Hyundai N Brand diklaim menghadirkan high-performance car, dengan tetap mengutamakan performa mumpuni sekaligus pengalaman berkendara mengesankan.

Dengan konsep ‘Never Just Drive’, N Brand dimunculkan untuk menunjukkan bahwa setiap kendaraan harus mampu memberikan excitement dan kepuasan bagi pengguna dalam berkendara.

Di sisi lain, rangkaian model yang telah dipasarkan di seluruh dunia ini juga menjadi simbol dari dedikasi Hyundai dalam menciptakan solusi mobilitas terdepan.

Melirik dari perjalanannya, Hyundai N Brand lahir dari dua kota sebagai sumber inspirasinya, yaitu Namyang dan Nürburgring, yang merupakan sirkuit balap terkenal di Jerman

Pengembangan produk pun berakar dari tekad kuat Hyundai untuk menciptakan high-performance car yang menjadi gebrakan baru di pasar, yang dimulai pada 2012 silam.

Melalui momen kembalinya di ajang World Rally Championship (WRC), Hyundai memperkenalkan mobil konsep terbaru, yakni i20 WRC di Paris Motor Show 2012.

Tiga bulan setelah pengumuman, divisi Hyundai Motorsport resmi dibentuk di Alzenau, Jerman, sebagai strategi Hyundai untuk mempercepat persiapannya kembali ke ajang balap internasional tersebut.

Berlanjut di 2023, Hyundai kembali memboyong konsep i20 WRC, mobil balap terbaru dengan berbagai peningkatan pada sektor performanya di perhelatan Geneva Motor Show.

Komitmen Hyundai untuk menciptakan high-performance car pun semakin dipertegas dengan peresmian Hyundai Motor Technical Center di Nürburgring.

Hyundai menutup 2013 dengan memperkenalkan logo N Brand untuk pertama kalinya di dunia, diiringi peluncuran model terbaru untuk musim balap WRC pada Desember 2014.

Upaya itu berujung pada hasil yang memuaskan, terutama dengan kemenangan (Maiden Victory) mereka di Reli Jerman pada 2014. Besutan Hyundai Motorsport, i20 WRC berhasil meraih empat podium dan finish di posisi ke-4 klasemen pabrikan di ajang WRC 2014.

Kesuksesan ini berlanjut di 2015, dengan kembali merengkuh empat podium dan berhasil bercokol di tiga besar klasemen akhir pabrikan.

Tahun itu juga jadi momen bersejarah bagi Hyundai dengan diperkenalkannya Hyundai High-Performance N Lineup di ajang Frankfurt Motor Show 2015 di Jerman.

Selain memamerkan RM15 Concept Cars, pameran ini juga menjadi panggung bagi Hyundai untuk memperkenalkan N 2025 Vision Gran Turismo, yang diklaim sebagai teknologi high-performance car terkini.

Sejak resmi diluncurkan, Hyundai N Brand juga telah sukses menorehkan prestasi gemilang di berbagai ajang balap, seperti WRC, WTCR, dan TCR World Tour.

Berbagai model pun berhasil meraih sejumlah penghargaan bergengsi, seperti Ioniq 5 N yang dinobatkan sebagai TopGear Car of the Year 2023. Lalu, i30 N sukses meraih penghargaan Sport Auto Award selama tiga tahun berturut-turut.

Filosofi ‘N Feeling’

Adapun perkembangan pesat Hyundai N Brand tak terlepas dari konsistensinya mengusung filosofi ‘N Feeling’, sebuah pengalaman berkendara unik dan memikat, dengan tiga pilar utama, yaitu:

Corner Rascal: Pilar yang menyoroti kemampuan kendaraan Hyundai N Brand untuk melesat di tikungan dengan lincah dan responsif. Handling yang tajam dan presisi menjadi inti dari aspek ini, memberikan pengendara sensasi mengemudi yang luar biasa.

Racetrack Capability: Menitikberatkan pada daya tahan dan kinerja yang telah teruji di trek balap. Aspek ini menjamin bahwa performa mobil tetap konsisten bahkan dalam kondisi berkendara ekstrem, memenuhi standar tinggi di dunia balap.

Everyday Sports Car: Menawarkan kombinasi unik antara kenyamanan sehari-hari dan excitement berkendara mobil sport. Hyundai N Brand berusaha menciptakan keseimbangan sempurna antara utilitas dan performa, memberikan pengalaman berkendara yang memikat setiap hari.

Dengan ketiga pilar itu, Hyundai N Brand tak hanya menawarkan high-performance car andal, juga pengalaman mengemudi yang unik dengan mengutamakan preferensi pengemudi melalui berbagai pengaturan berkendara yang terpersonalisasi.

Sejak awal pengembangan, Hyundai N Brand menjadi simbol high performance dalam industri otomotif, didukung berbagai teknologi canggih dan fitur-fitur terkini yang dibenamkan.

Keunggulannya terletak pada pemanfaatan suspensi, sistem penggerak yang dioptimalkan untuk performa berkendara dan penggunaan bahan ringan demi meningkatkan efisiensi dan responsivitas.

Tidak lupa, penggunaan teknologi seperti N Grin Control System dengan berbagai mode, bersama dengan pengembangan sistem knalpot khusus, menjadi ciri khas Hyundai N Brand.

Lebih lanjut, setiap aspek desain, mulai dari respon pedal hingga feedback setir, dirancang untuk menghadirkan sensasi berkendara yang dinamis.

Hingga kini, Hyundai N Brand telah menghadirkan beberapa lini kendaraan yang dirilis hampir setiap tahun, di antaranya i30 N (2017), i30 Fastback N (2018), Veloster N (2019), i20 N (2020), Kona N dan Elantra N (2021), serta Elantra N PE (2023).

Keseriusan dalam mengembangkan N Brand turut menghantarkan Hyundai di berbagai ajang kejuaraan balap, di antaranya WRC dan World Touring Car Cup (WTCR).

Model ini bahkan dipercaya menjadi official safety car dalam ajang World Superbike (WorldSBK) di Sirkuit Internasional Mandalika pada 2021 dan 2022 lalu.

Keikutsertaannya di ajang itu menjadi peluang untuk memperlihatkan jajaran produk berkualitas dan berperforma tinggi, seperti i30 Fastback N dan i30 N.

Tak hanya fokus pada penciptaan kendaraan dengan internal combustion engine, Hyundai N Brand juga menunjukkan komitmen terhadap mobilitas yang lebih bersih dengan diperkenalkannya Ioniq 5 N pada Juli 2023.

Transformasi ini menjadi langkah signifikan bagi Hyundai N Brand untuk memasuki tahap baru dalam perkembangan mobilitas, dengan tetap mempertahankan karakteristik high performance, sambil mengintegrasikan teknologi listrik yang canggih. [dp/TH]

Previous articlePromo Pembelian Motor Honda di April 2024, ini Detailnya
Next articleHonda Yè Series Debut di Auto China 2024, Simak Detailnya