GIIAS 2024 Janjikan Merek Kendaraan Baru Bermunculan

DAPURPACUID – Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 telah dijadwalkan digelar lebih awal dari tahun sebelumnya, yaitu pada 18-28 Juli mendatang.

Dengan menempati venue yang sama yakni di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, pameran tahun ini dirancang lebih luas dengan penambahan satu hall baru, seluas 12.000 m2.

Sebagai informasi, Gaikindo mengeklaim hingga April lalu jumlah peserta yang bakal meramaikan pameran tersebut mencapai 50 merek baik kendaraan penumpang, komersial, sepeda motor.

Tidak hanya itu, ratusan merek industri pendukung yang mencapai 120 peserta, diyakini dapat terkoordinir dengan baik berkat penambahan hall tersebut.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengakui, melalui gelaran GIIAS The Series merupakan salah satu upaya Gaikindo untuk secara konsisten mendorong untuk industri kendaraan bermotor Indonesia.

“Semangat positif yang sama juga diusung industri kendaraan bermotor Indonesia pada persiapan yang bergulir untuk pameran GIIAS 2024,” ujarnya disela temu media di kawasan Senayan, Senin (6/5).

Baca juga:  IIMS Surabaya 2024 Targetkan Transaksi Rp240 Miliar

Banyak Merek Baru Bergabung

Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah menuturkan, pada GIIAS tahun ini, tercatat ada delapan merek baru baik mobil maupun motor yang akan tampil.

Dan diklaim hingga kini pihak Gaikindo masih dalam proses diskusi kepesertaan dengan beberapa merek lain, yang ingin meramaikan gelaran yang sudah memasuki kali ke-31 tersebut.

“Dari total 50 merek kendaraan, 30 di antaranya APM kendaraan penumpang roda empat, empat brand komersial, 3 karoseri, dan 16 merek kendaraan roda dua,” ungkap Rizwan.

Secara rinci, peserta kendaraan penumpang yakni Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo dan Wuling.

Sementara itu, dari segmen kendaraan komersial hadir kembali merek-merek yang telah ‘langganan’ mengikuti GIIAS, yaitu Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Baca juga:  IIMS Surabaya 2024 Targetkan Transaksi Rp240 Miliar

Selain itu, tiga merek karoseri kendaraan komersial juga turut meramaikan gelaran GIIAS tahun ini, diantaranya Adiputro, Laksana, serta Tentrem.

16 merek sepeda motor yang bergabung antara lain Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi dan Vespa.

Menariknya lagi, sebanyak lebih dari 120 merek peserta dari industri pendukung otomotif lainnya juga siap unjuk gigi dalam perhelatan GIIAS tahun ini.

Rizwan juga memastikan GIIAS 2024 akan kembali menjadi tuan rumah untuk peluncuran berbagai model-model kendaraan terbaru, termasuk industri pendukungnya.

“Dipastikan model-model kendaraan terbaru dari kendaraan penumpang, komersial, hingga sepeda motor akan diperkenalkan pada GIIAS tahun ini,” tutup Rizwan.

Sebagai informasi, sejak sembilan tahun lalu, pameran GIIAS telah menjadi tempat peluncuran bagi 11 world premiere dan lebih dari 300 kendaraan bermotor baru. [dp/TH]

Previous articleGIIAS 2024 Bakal Lebih ‘Wah’, Area Pameran Lebih Luas
Next articleTekiro Tools dan Mahasiswa ITS Gelar Servis Gratis