DAPURPACUID – Sepak terjang produk ini di pasar otomotif Indonesia terbilang masif, khususnya pada komponen di kendaraan yaitu aki Yuasa, yang digelontorkan oleh PT Yuasa Battery Indonesia.
Perusahaan yang menjadi bagian dari GS Yuasa Corp. tersebut telah malang melintang dalam industri otomotif, khusus pada komponen aki (battery) sejak 1975 silam.
Di Indonesia, rangkaian produk aki Yuasa dipasarkan oleh PT Santi Yoga yang merupakan distributor tunggalnya. Perusahaan memiliki dua divisi yaitu baterai otomotif dan baterai industri.
Tepat pada 1 Juli 2021, seluruh bisnis dari Battery Industrial PT Santi Yoga secara resmi telah dialihkan kepada PT Yuasa Industrial Battery Indonesia.
Dan tepat pada Mei 2025, PT Yuasa Battery Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun. Pencapaian eksistensi selama setengah abad ini tentu tidak diraih dengan mudah.
Hasil konsistensi untuk terus menggelontorkan produk-produk terbaik kepada pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat, berbuah makin diterimanya rangkaian aki Yuasa.

Di tengah industri otomotif yang terus berkembang dan penuh tantangan, Yuasa mampu menjawab kebutuhan aki terbaik serta berkualitas bagi para konsumennya.
Didorong dengan kemampuan riset dan pengembangan terbaik, fasilitas produksi yang lengkap dan sumber daya manusia unggul, perusahaan mampu memproduksi produk Aki berkualitas tinggi dan berstandar internasional.
Hal tersebut untuk mendukung pangsa pasar Original Equipment Manufacturer (OEM) dan Aftermarket (AFM) kendaraan bermotor, baik di dalam maupun luar negeri.
Direktur Produksi Yuasa Battery Indonesia, Hasnul S Gani menuturkan, pihaknya meyakini bahwa kekuatan sebuah merek terbangun berkat hubungan yang erat dengan para konsumen loyal.
“Yuasa Battery Indonesia aktif mengikuti berbagai pameran otomotif, baik tingkat nasional maupun internasional, sekaligus mendukung kegiatan komunitas otomotif,” jelas Gani, beberapa waktu lalu.
Luncurkan Beragam Produk Berkualitas Tinggi
Yuasa Battery Indonesia berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai produk aki berkualitas, yang disesuaikan dengan kebutuhan para pemilik kendaraan.
Setiap produk yang dihasilkan dirancang memenuhi kebutuhan para pengendara motor atau mobil, baik untuk penggunaan perkotaan yang padat, maupun di medan-medan ekstrem yang menantang.
Hingga kini Yuasa Battery Indonesia telah menggelontorkan 42 tipe aki motor, yang terdiri dari 21 tipe aki motor jenis konvensional/yumicron dan 21 tipe aki motor Maintenance Free (MF).
Sementara untuk mobil, total 70 produk aki yang dilepas ke pasaran, terdiri dari 35 tipe jenis Pafecta, 27 tipe Maintenance Free (MF), dan yang terbaru 8 tipe aki Hybrid.
“Tentunya sebuah produk terbaik harus diimbangi sistem distribusi yang andal. Maka dari itu, kami terus membangun dan memperkuat jaringan layanan di seluruh Indonesia,” tutur Gani.
Saat ini, Yuasa Battery Indonesia memiliki total 47 diler dan cabang resmi yang memasarkan rangkaian produk aki Yuasa, tersebar dari Sabang hingga Merauke.
Jaringan ini tak hanya menjadi titik penjualan, tapi juga pusat layanan dan dukungan yang memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dalam setiap interaksi.
Di sisi lain, Yuasa Battery Indonesia juga tak hanya fokus pada pengembangan produk, pun terus mengikuti perkembangan zaman dalam hal penjualan dan komunikasi.
Jika di masa awal produk hanya tersedia di toko-toko konvensional, kini Yuasa juga hadir secara online melalui berbagai platform e-commerce ternama di Indonesia.
Termasuk lewat aplikasi resmi ‘Yuasa App’ yang rilis pada 2016. Aplikasi tersebut membantu memudahkan pelanggan untuk melihat katalog produk dan melakukan pembelian secara online.
Gani menegaskan, Yuasa Battery Indonesia tak hanya ingin dikenal sebagai produsen saja, namun juga sebagai mitra yang tumbuh bersama para pecinta otomotif.
Salah satu bentuk komitmen ini diwujudkan melalui program Yuasa Brotherhood Community (YBC), yang dirancang khusus untuk mempererat kerja sama dan kekompakan dengan komunitas otomotif di seluruh Indonesia.
Untuk pencapaian ini, lanjut Gani, Yuasa Battery Indonesia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak termasuk karyawan, yang telah menjadi bagian penting dari perjalanan ini.
“50 tahun merupakan babak baru yang lebih besar. Tantangan ke depan tentu masih panjang, dan perjalanan kita belum usai. Karena itu, menjaga kualitas produk dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan harus tetap menjadi prioritas utama,” pungkasnya.
Dengan semangat yang sama seperti di awal perjalanan, Yuasa siap melaju lebih jauh, membangun masa depan otomotif Indonesia yang lebih baik, lebih tangguh, dan lebih berkelanjutan. Yuasa, Nyalakan Harimu! [dpid/TH]