Juara GP Jepang, Hamilton Kian Dekati Gelar Juara Dunia Kelimanya


TOKYO (DP) – Lewis Hamilton tampil dominan di Sirkuit Suzuka sejak kualifikasi dan berhasil dikonversi menjadi juara Grand Prix Jepang, Minggu (7/10).

Dengan rival utamanya, Sebastian Vettel, hanya finish keenam, maka Hamilton hanya butuh menang di seri berikutnya yang digelar di Amerika Serikat, dengan catatan Vettel tidak sebagai runner-up. Hamilton harus unggul setidaknya 8 poin bila ingin juara pada seri berikutnya.

Bila Hamilton juara, tapi Vettel bisa merebut podium kedua, maka kepastian gelar Hamilton bisa ditentukan di balapan yang dihelat di Mexico City.

Vettel yang start dari posisi ke-9 dan mengejar defisit poin yang kian melebar dengan Hamilton, sebenarnya tampil cukup menjanjikan di Suzuka. Tapi senggolan dengan mobil Max Verstappen pada awal balapan membuat harapannya untuk mendekati Hamilton pupus.

Pasalnya, rekan setim Hamilton di Mercedes, Valtteri Bottas, tampil bagus sehingga memastikan Mercedes finish satu-dua. Podium ketiga dihuni Verstappen dan rekan setimnya di tim Red Bull, Daniel Ricciardo, di posisi keempat dan diikuti mitra setim Vettel di Ferrari, Kimi Raikkonen, di tempat kelima.

Baca juga:  Vettel Dominan di GP Belgia, Hamilton Runner-Up

Hasil di GP Jepang ini membuat Hamilton unggul dari Vettel 67 poin dengan empat seri tersisa yang memperebutkan 100 poin.

Dengan begitu, Vettel harus rela melihat Hamilton menyamai raihan gelar juara dunia lima kali dari pebalap legendaris Juan Manuel Fangio.

Bagi Hamilton, gelar di Suzuka ini adalah yang kelima kalinya untuk Grand Prix Jepang dan yang ke-71 selama kariernya di Formula 1. Ia pertama kali menang di GP Jepang adalah di Sirkuit Fuji ketika masih membela McLaren pada 2007 dan kini menang bersama Mercedes di Suzuka dalam empat dari lima seri yang digelar sejak 2014. Hamilton kini mengemas enam kemenangan dari tujuh seri yang digelar musim ini. [dp/TGH]