Toyota Corolla Sedan Model Anyar Segera Hadir


LOS ANGELES (DP) – Tak ingin pasarnya tergerus oleh para kompetitornya, Toyota sedang menyiapkan model terbaru dari Corolla versi sedan. Corolla model 2020 ini akan menemani versi hatchback yang dirilis beberapa waktu lalu.

New Corolla Hatchback sendiri mendapat sambutan cukup bagus berkat tampilannya yang lebih sporty dan agresif, terutama bagian depannya yang terlihat lebih garang. Sementara Corolla model sedan masih mengandalkan gaya lama, sama seperti ketika dirilis pertama kali pada 2014.

Untuk itu, sudah saatnya Toyota mempertimbangkan untuk melakukan ubahan pada Corolla sedan. Apalagi sejumlah rivalnya sudah berganti gaya, seperti Honda Civic yang tampil jauh lebih sporty dan agresif.

Menurut CarsDirect, Toyota akan memperkenalkan all-new Corolla sedan untuk model 2020. Dan bila itu benar, kemungkinan besar tampilan maupun spesifikasinya mirip dengan varian hatchback. Dengan tampilan anyar, Corolla sedan diyakini mampu mempertahankan reputasinya sebagai salah satu mobil terlaris, terutama di pasar Amerika Serikat yang lebih menyukai model sedan ketimbang hatchback.

Baca juga:  Mitsubishi Juga Siap Lengserkan Carlos Ghosn Sebagai Chairman

Kondisi itu terlihat dari apa yang diraih Corolla sedan saat ini. Meski Honda Civic dan Kia Forte berpenampilan lebih segar, Corolla sedan tetap laris manis di negerinya Presiden Donald Trump. Bahkan Corolla sedan menjadi salah satu model top di jajaran kendaraan Toyota. Pada September lalu, Corolla sedan terjual hampir 20.000 unit di AS.

Corolla sedan hanya kalah dari Camry di AS, yang bulan lalu terjual lebih dari 27.000 unit, dan unggul dari model-model mobil penumpang lain milik Toyota. Hanya saja, jika dibandingkan dengan model SUV dan pick-up yang sedang populer, model sedan memang kalah. Model crossover Highlander dan pick up Tundra terjual lebih banyak dari Corolla, apalagi RAV4 yang mampu menggaet pembeli sebanyak 37.000 orang pada September.

Tapi, meski sekarang model SUV dan pick up tengah populer di banyak negara, peluncuran model sedan seperti Corolla yang ngetop di sejumlah pasar global, perlu dilakukan Toyota. Terlebih jika mengacu pada volume penjualan yang masih tetap tinggi. Tahun lalu, Toyota menjual lebih dari 308.000 unit Corolla (sedan dan hatchback), turun dari 360.000 pada tahun sebelumnya dan 387.000 unit lebih pada 2006 (saat model generasi ke-10 diluncurkan).[dp/TGH]