Tak Cuma Gagah dan Keren, Chevy Silverado HD 2020 Sekuat Monster


CHICAGO (DP) – Setelah beberapa kali menampilkan foto yang menampakkan wajah dan sekujur bodi Chevrolet Silverado HD 2020 yang gagah dan keren, akhirnya raksasa otomotif Amerika ini merilis spesifikasi performa dari pickup bongsor ini. Apa saja keunggulannya?

Yang pertama perlu disimak pastilah soal performa mesinnya. Di balik kap mesin Silverado HD 2020, terpasang mesin bensin baru 6.6 liter V8 yang menghasilkan tenaga 401 hp (299 kW / 406 PS) dan torsi 464 lb-ft (628 Nm).

Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan, yang dapat disandingkan dengan four-wheel drive system (opsional). Meski Chevrolet belum rela mengungkap tingkat efisiensi bahan bakarnya, tapi mereka menyebut bahwa mesinnya sudah mengadopsi direct injection dan variable valve timing. Dengan paket tersebut, diharapkan konsumsi bahan bakar Silverado HD akan lebih irit.

Tapi bila performa itu belum cukup, ada varian bermesin 6.6-liter Duramax turbodiesel V8. Dapurpacu ini memiliki performa lebih galak, yakni tenaga sebesar 445 hp (331 kW / 451 PS) dan torsi 910 lb-ft (1,232 Nm). Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis Allison 10 percepatan.

Chevrolet menegaskan bahwa Silverado HD adalah pickup pertama di kelasnya yang dibekali Power Takeoff terintegrasi, yang membuatnya mudah untuk dipasangi berbagai aksesoris, seperti untuk menderek karavan dan lainnya.

Namun itu belum seberapa, karena daya tarik utama dari Silverado HD adalah kemampuan towing atau derek yang luar biasa, yaitu sanggup menarik beban seberat 16.102 kg. Itu berarti ada peningkatan kemampuan towing sebesar 52 persen dibandingkan model sebelumnya. Rahasia dari melonjaknya kemampuan towing ini berkat kelihaian para insinyur Chevrolet dalam memperbarui as roda dan menambah ukuran kerangka ladder box.

Selain meningkatkan kemampuan towing, tim insinyur Chevrolet juga membekali Silverado HD diesel dengan tangki cairan Diesel exhaust fluid (DEF). Klaster instrumen juga menampilkan indikator DEF, sehingga pengemudi tahu kapan waktunya untuk mengisi sistem tersebut.

Rencananya, Silverado HD 2020 akan mulai dipasarkan medio tahun ini dan ditawarkan dalam lima varian, yakni Work, Custom, LT, LTZ dan High Country. Masing-masing varian dibedakan dengan desain gril yang sedikit berbeda satu sama lain, dan tentunya juga sejumlah peranti yang berbeda.

Namun, Chevrolet tak banyak berkomentar soal varian Silverado HD yang ditawarkan, hanya saja disebutkan bahwa pickup ini bisa dilengkapi dengan Advanced Trailering System yang menggunakan hingga 15 kamera di luar kabin untuk menampilkan situasi di sekitar kendaraan.

Chevrolet Silverado HD 2020 akan ditampilkan pertama kali di ajang Chicago Auto Show pada akhir pekan nanti. Jika Anda penggemar Chevrolet, pantau terus informasinya selama pameran digelar. [dp/TGH]