Suzuki Carry Generasi Terbaru Siap Menyapa Konsumen


JAKARTA (DP) – Produk niaga andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terus berkontribusi positif hingga 2018 lalu. Tercatat sumbangan yang dihasilkan Carry dan Mega Carry pada periode Januari-Desember 2018 mencapai 55.267 unit.

Dengan jumlah tersebut keduapikap andalan Suzuki ini mampu menguasai 51% pangsa pasar di segmen low pick up. Sementara hasil ini berkontribusi hingga 47% terhadap penjualan Suzuki selama periode itu.

Diprediksi masih bertumbuhnya kendaraan di kelas itu, Suzuki Indonesia nampaknya bakal melakukan penyegaran pada Carry. Berdasarkan gambar-gambar yang beredar di media sosial, nampak jelas inilah amunisi terbaru Suzuki di segmen kendaraan niaga ringan.

Lewat akun Instagram @soloautocar, pikap tersebut muncul dengan wajah baru, berbeda dengan model sebelumnya. Disebut-sebut sebagai All New Carry, tampilannya diyakini merupakan generasi terbaru.

“Bocor lagi…pickup ac ps. Next generation Suzuki Carry,” demikian kata-kata yang tertulis di sana.

Baca juga:  Suzuki Gandeng Pebisnis Jualan Produknya

Ketika dikonfirmasi, Direktur Penjualan 4W PT SIS, Makmur enggan untuk mengomentari hal itu. Menurutnya akan ada waktunya informasi tersebut disampaikan kepada publik, khusus para awak media.

Interior Suzuki Carry terbaru. Instagram @soloautocar

“Sebenarnya saya mau jawab soal itu (All New Carry), tapi nanti saja yah. Banyak yang lebih menarik yang dapat diinformasikan nantinya,” ujar Makmur, disela-sela peluncuran All New Ertiga Suzuki Sport, pekan lalu.

Berdasarkan foto, pikap tersebut sepintas mirip dengan Carry yang saat ini beredar di pasar. Tapi moncongnya nampak lebih landai, karena area dashboard kini semakin lebar. Dimesinnya pun nampak lebih melar.

Fascia depan tak ada lagi aksen krom pada gril plus rongga sarang tawon yang mampir di sana. Logo S seperti pada model sebelumnya tidak terpasang, atau belum terpasang sampai nanti saat peluncuran kelak.

Desain lampu utama juga semakin melebar hingga menyentuh pintu, plus tak adanya lampu kabut. Meski tak ada gril honey comb, namun alur angin dari depan tetap masuk lewat rongga-rongga pada bumper berkelir hitam.

Baca juga:  Raih Penjualan Positif di Agustus 2019, Suzuki Targetkan 11% Pangsa Pasar

Melirik ke interior yang juga dimunculkan sang empunya akun, dominasi warna hitam menguasai seantero kabin. Desain dasbor Carry baru ini pun berbeda dari sebelumnya.

Dashboard banyak dihiasi laci-laci tanpa penutup. Bagian atas juga tersedia kotak penyimpanan berukuran besar dan posisinya tegak. Apakah untuk generasi Carry anyar ini akan tersedia head unit, belum bisa dipastikan. Hanya saja samar-samar terlihat komponen itu ada di sana.

Suzuki Carry PU yang beredar saat ini di pasar.

Posisi tuas transmisi juga berpindah yang semula berada di lantai kini ditempatkan ke bagian dashboard. Dengan pengaturan posisi tersebut membuat dek kabin jadi lebih lega. Sedangkan posisi rem tangan digeser sedikit ke belakang.

Informasi paling signifikan justru pada mesin yang kelak akan disematkan pada pikap tersebut. Kabarnya, mesin tipe K15B yang terpasang pada Ertiga bakal menjadi sumber tenaga All New Carry itu.

Sebagai informasi, saat ini Carry mengusung mesin tipe G15A 4 silinder segaris Multi Point Injection (MPI) dengan tenaga 78 hp. Bila benar bakal dipasangkan mesin Ertiga, jelas tenaga dan torsi makin mumpuni.

Baca juga:  Raih Penjualan Positif di Agustus 2019, Suzuki Targetkan 11% Pangsa Pasar

Terkait hal itu, Makmur pun masih bungkam. Ia menyebut mesin Carry nantinya mau pakai apapun yang penting bertenaga dan sesuai kebutuhan konsumen di kelas komersial.

“Ditunggu saja. Bulan depan kami jadwalkan meluncur. Kami sih inginnya secepatnya, tapi kan tidak bisa seperti itu, ada jadwalnya masing-masing,” tutup Makmur. [dp/MTH]