Terhindar Drama Tabrakan, Marquez Kuasai MotoGP Catalunya

Foto: MotoGP

CATALUNYA (DP) – Keberuntungan akhirnya hinggap di pundak Marc Marquez di seri ketujuh gelaran MotoGP musim 2019. Podium puncak Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, berhasil diraihnya usai kelihaiannya keluar dari ‘zona kematian’ yang diakibatkan Jorge Lorenzo.

Terhindarnya The Baby Alien dari kemelut yang melibatkan empat pebalap sekaligus, yaitu Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, ini hingga terjatuh, terbilang cukup brilian

Sementara tempat kedua dihuni Fabio Quartararo, yang akhirnya berhasil keluar dari perseteruan sengit antara Danilo Petrucci dan Alex Rins dalam perebutan posisi podium kedua.

Pebalap Ducati ini pun menutup podium ketiga dengan torehan angka pada klasemen sementara 101 poin, berbeda tipis dengan kompatriotnya Dovi yang mengisi urutan ketiga (103).

Tragedi ‘tabrakan berantai’ ini terjadi saat seluruh pebalap menuntaskan lap pertama, yang ‘memakan korban’ pertamanya yaitu Karel Abraham (Reale Avintia Racing) di Tikungan 7 dan Bradley Smith, test rider dari Aprilia Factory Racing (Tikungan 10).

Baca juga:  Pencapaian Vinales di Tengah Drama Rossi dan Marquez

Usai melewati Tikungan 1, Dovi cukup berada di atas angin setelah berhasil mengambil tempat terdepan dari Marquez, disusul Vinales urutan ketiga dan Lorenzo yang mampu menyodok tempat keempat.

Di sinilah drama insiden tabrakan terjadi, tepatnya di Tikungan 10. Ambisinya untuk dapat berduet dengan Marquez di depan berujung pada kecerobohannya. Juara dunia tiga kali ini mencoba menyusup ruang sempit di kiri di antara Dovi dan Vinales, setelah Marquez berhasil melewati Dovi.

Sayangnya, agresifnya X-Fuerra harus dibayar mahal. Dia terjatuh, dan bagaikan efek bola biliyar, ban belakangnya menyenggol ban depan Dovi serta membuat Vinales terpelanting. Rossi menjadi buntut dari insiden tersebut, dan membuatnya tak mampu lagi melanjutkan balapan.

Dengan tersingkirnya sejumlah rival tangguh, Marquez jelas tak tersentuh. Dia pun terus melesat menjauhi rombongan kedua yang diisi Quartararo, Petrucci, serta Rins.

Pertarungan seru justru terjadi pada perebutan podium kedua-ketiga. Beberapa kali Rins memanfaatkan slipstream dari Petrucci, yang terus dibuntuti oleh Quartararo. Pebalap Perancis ini terlihat menunggu momen kala pergulatan sengit Petrucci-Rins.

Baca juga:  Raih Kemenangan di Aragon, Gelar Juara Makin Mendekati Marquez

Untuk bisa melewati pebalap Ducati ini, tunggangan Rins sempat menyentuh tubuh Petrucci dan berhasil melewatinya. Ibarat sebuah karma, posisi Rins akhirnya berhasil direbut kembali oleh Petrucci, dan disusul langsung oleh Quartararo yang memanfaatkan momentum tersebut.

Balapan kali ini menyisakan 13 rider dari 24 starter, setelah rookie Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli menjadi pebalap terakhir yang terjatuh.

Diraihnya podium pertama tersebut membuat klasemen sementara makin kokoh dipegang Marquez di posisi puncak dengan 140 poin, beda 37 poin dari Dovi, diikuti Rins dan Petrucci di urutan keempat (98). Sedangkan Rossi makin terpuruk di posisi lima dengan poin 72.

1. Marc Marquez (Repsol Honda Team)
2. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 2.660
3. Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) + 4.537
4. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 6.602
5. Jack Miller (Pramac Racing) + 6.870
6. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 7.040
7. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 16.144
8. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 17.969
9. Tito Rabat (Reale Avintia Racing) + 22.661
10. Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) + 26.228 [dp/MTH]