Ali Adrian Lakoni Debutnya di Kejuaraan Asian Superbike 1000cc


JAKARTA (DP) – Satu lagi pebalap Indonesia bakal tampil di kancah internasional. Adalah Ali Adriansyah Rusmiputro, yang bakal berlaga di ajang Asian Superbike 1000cc, sebuah kelas baru yang menjadi bagian dari FIM Asia Road Racing Championship (ARRC).

Didukung penuh Pertamina Enduro, Ali bergabung dalam tim Onexox TKKR Sag Team akan melakoni sejumlah seri di ajang balap tersebut. Paling dekat, Adrian bakal melakoni debutnya di ajang itu di Sirkuit Internasional Suzuka, Jepang, 28-30 Juni nanti.

Di kejuaraan ini, Adrian bakal menunggangi BMW S1000RR. Sebagai informasi, pebalap berusia 26 tahun ini sudah melakoni sejumlah kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional.

Sejumlah prestaasi pun telah banyak diukir, seperti di ajang National Championship Class 150 cc – 600 cc, European Junior Cup (Superbike Championship), Bike Promotion 1st Series Spanyol, dan yang terakhir World Superbike Championship Series.

Baca juga:  Memuaskan Penasaran Pada DFSK Glory 580

“Saya sudah tidak sabar untuk bisa turun lagi balapan. Di ARRC kelas Asian Superbike 1.000 cc ini, saya akan melakoni sebanyak empat putaran,” ujar Adrian, dalam siaran resminya.

“Sampai saat ini saya sudah mempersiapkan diri dengan berbagai macam persiapan, mulai dari fisik hingga beradaptasi dengan motor baru BMW S1000RR,” tambahnya.

Di sisi lain, Andria Nusa, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, menuturkan bahwa pihaknya bangga bisa mendukung kiprah Adrian sebagai salah satu pebalap nasional.

“Adrian adalah salah satu pebalap motor Indonesia yang punya potensi dan masa depan baik. Untuk jangka panjang kami melihat Adrian bisa terus berkembang dan menjadi pebalap motor yang semakin berprestasi,” tutur Andria.

Setelah berlaga di Sirkuit Suzuka, Adrian akan bertempur lagi dengan sejumlah pebalap di Zhuhai International Circuit, China (9-11/8), Sepang International Circuit, Malaysia (19-22/10), dan terakhir di Chang International Circuit, Thailand, 29 November – 1 Desember 2019.

Baca juga:  Permudah Konsumennya, Auto2000 'Geber' Perluasan Jaringan

“Saya yakin siap untuk kembali balapan. Saya akan berusaha dengan sebaik-baiknya dan semoga diberikan hasil yang terbaik dan bisa membanggakan nama Indonesia,” tandas Adrian.

Kejuaraan Asian Superbike 1000cc sendiri baru dipertandingkan oleh FIM Asia Road Racing Championship pada tahun ini, dan merupakan kelas kelas utama dalam Kejuaraan ARRC.

Di tahun pertamanya ini akan diikuti lima merek motor superbike yang telah lolos homologasi World Superbike, dan salah satunya adalah BMW S1000RR.

Nantinya, Adrian berlaga dengan para pebalap dari Malaysia, Philipina, Thailand, Australia, Jepang, dan Swiss. [dp/MTH]