Tips Ringan Lintasi Genangan Air Hingga Banjir | dapurpacu.id

Tips Ringan Lintasi Genangan Air Hingga Banjir


DAPURPACU – Astra Peugeot terus berupaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh konsumennya. Begitu pun saat darurat sekalipun, seperti pada saat kendaraan terkena musibah banjir.

Pada kondisi seperti saat ini, meski di beberapa titik telah surut dan meninggalkan sampah yang menggunung, Astra Peugeot memberikan sedikit tips bagi pemilik mobil yang ingin melintas genangan air hingga banjir.

Aidil Swastomo, Head of Aftersales Astra Peugeot mengatakan, sangat penting bagi pemilik mobil yang ingin menerjang genangan air. Terlebih bila ketinggian air mencapai satu ban.

“Lihat kondisi genangan air saat melintas untuk mendiagnosa awal masalah di kendaraan. Sementara untuk mobil yang terendam air banjir, jangan mencoba untuk distarter,” ucap Aidil.

Berikut ada beberapa tips sekaligus diagnosa awal dari Astra Peugeot bagi konsumen yang menghadapi masalah tersebut.

A. Melintas air dengan ketinggian di bawah setengah ban
Kondisi ini masih tergolong aman bagi mobil bila terjadi saat di perjalanan. Percikan air masih bisa ditoleransi. Bagian bawah atau kolong mobil menjadi bagian rentan.

Baca juga:  Punya Peugeot Allure Plus Series Cukup Beli BBM Saja Selama 5 Tahun

Untuk diagnosa awal, peranti yang mesti diperhatikan bagian rem (brake). Rekondisi bagian ini mesti dilakukan agar performa rem tetap prima.

B. Melintasi air dengan ketinggian melebihi satu ban
Saat kondisi seperti ini sangat rawan untuk mobil melintasinya. Bisa dibilang tidak direkomendasikan untuk tetap melaju. Bila terpaksa harus melintas perhatikan hal seperti transmisi, oli bercampur air, hingga yang mungkin akan terganggu adalah sistem kelistrikan yang berada di dalam.

Bahkan paling parah, gejala water hammer dapat dialami yang membuat mesin mendadak mati. Jadi pikir kembali untuk memilih cara ini.

C. Terendam Banjir
• Jangan berusaha menyalakan mesin dengan men-starter, karena bisa merusak sistem kelistrikan mobil kesayangan Anda.
• Tidak perlu panik, jika masih memungkinkan sebaiknya mencopot konektor kepala aki.
• Geser posisi tuas persneling ke-N dengan menekan shift lock, untuk memudahkan pergerakan saat dievakuasi
• Hubungi bengkel resmi Astra Peugeot, AstraWorld atau jasa Derek/gendong swasta untuk dievakuasi.

Baca juga:  Fitur di Varian Peugeot Allure Plus ini Bikin Melek Pengemudi

Seluruh konsumen Astra Peugeot yang mengalami keadaan darurat dapat menghubungi layanan 24 jam oleh AstraWorld di nomor 1-500-898, atau menghubungi langsung layanan bengkel resmi Astra Peugeot di:
– Astra Peugeot Cilandak: (021) 7500 334
– Astra Peugeot BSD: (021) 3006 2038
– Astra Peugeot Solo: (0271) 7468 999
– Astra Peugeot Surabaya: (031) 9914 3008