Ducati Meniagakan 53 Ribu Unit Lebih Sepanjang 2019 | dapurpacu.id

Ducati Meniagakan 53 Ribu Unit Lebih Sepanjang 2019


DAPURPACU – Ducati Motor Holding menutup tahun 2019 dengan pencapaian penjualan lebih dari 53 ribu unit di seluruh dunia. Total yang dicapai mencapai 53.183 unit yang terkirim ke 90 negara.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan tipis dari tahun sebelumnya yakni 53.004 unit. Disebutkan model Panigale menjadi kontributor terbesar sepanjang tahun yang meraih angka 8.304 unit.

Dengan begitu motor ini mampu mempertahankan statusnya sebagai superbike terlaris di dunia dua tahun berturut-turut, dengan perolehan pangsa pasar sebesar 25%.

Di sisi lain, dengan tercapainya angka penjualan positif di 2019 kian memperkuat posisi Ducati sebagai brand motor premium di dunia.

Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor Holding, mengakui bahwa 2019 menjadi tahun yang sulit bagi pabrikan otomotif, namun menjadi tahun keberkahan bagi Ducati. Karena itulah pihaknya terus berupaya memenuhi keinginan konsumennya di dunia.

“Dan hasil yang kami raih, pengembangan jaringan dan seluruh respon pasar mengonfirmasi bahwa kami telah berada di jalur yang benar. Di pasar global saat ini, satu dari setiap empat superbike yang beredar di jalan adalah Panigale,” tutur Claudio, seperti dilansir dari laman resmi Ducati.

Baca juga:  Orang ini Terima Superleggera V4 Langsung Dari Bos Ducati

Dia menyebutkan sejak Ducati ‘mentransfer’ spek teknis dari Panigale versi R dan menghadirkan V4 model 2020 untuk memuaskan hasrat konsumen, cukup menjadikan kedua model tersebut tetap digemari di segmennya.

“Terlebih lagi, buku pesanan untuk Streetfighter V4 terbaru sedang ‘menggembung’, di mana lebih dari 1.700 unit sudah dipesan oleh konsumen. Kami jadwalkan pengiriman akan dimulai pada Maret mendatang,” tambahnya.

Tak kalah memuaskan adalah penjualan varian Multistrada yang mencatatkan kenaikan 3% dibanding tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 12.160 unit. Kinerja positif diraih oleh 950 S dan penyegaran 1260 Enduro.

Sumbangan positif lainnya dihasilkan dari Hypermotard 950 dan Diavel 1260 yang diperkenalkan tahun lalu. Pencapaian keduanya masing-masing sebesar 4.472 unit dan 3.129 unit.

“Kami puas dengan hasil yang dicapai pada 2019,” tambah Francesco Milicia, Wakil Presiden Penjualan Global Ducati. “Selama 12 bulan terakhir, rencana pengembangan jaringan telah dilaksanakan, dengan 54 dealer baru di 20 negara.”

Baca juga:  Orang ini Terima Superleggera V4 Langsung Dari Bos Ducati

“Rencana ekspansi di 2019 akan berlanjut pada tahun ini untuk lebih meningkatkan jangkauan jaringan di seluruh dunia dan menawarkan penggemar kami pengalaman premium yang terus tumbuh,” imbuh Francesco.

Italia, Negara Penjual Terbanyak
Berdasarkan peta penjualan, Italia diklaim mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun, sekaligus mengukuhkan negara itu sebagai pasar nomor satu Ducati.

Penjualannya pada tahun lalu menggapai 9.474 unit, atau naik 3% pada 2018 dan peningkatan 20% selama tiga tahun terakhir.

Lini produk Ducati di salah satu showroom Ducati di Beijing, Cina.

Di Amerika Serikat, pengiriman Ducati mencapai 7.682 unit. Angka tersebut mengalami penurunan 2% meskipun tren negatif terus berlanjut yang melihat pasar menyusut 7% dibandingkan pada 2018.

Disusul secara berturut-turut Brasil (+ 20%), Spanyol (+ 10%) dan Prancis (+ 8%), yang diklaim menunjukkan kinerja penjualan positif selama periode Januari – Desember 2019.

Kemudian diikuti oleh Cina. Melanjutkan tren kenaikan beberapa tahun terakhir dan, dengan 3.200 unit berhasil terjual di negara itu (+ 12%). Saat ini, Cina menjadi pasar kelima terpenting bagi Bologna.

Baca juga:  Orang ini Terima Superleggera V4 Langsung Dari Bos Ducati

Untuk 2020, Ducati mengklaim jajaran produknya makin bertambah lengkap dan dijawalkan dealer akan segera menerima serta mengirimkan Streetfighter V4 yang telah lama dinantikan para pemiliknya.

Selain itu, Ducati yang baru saja memperkenalkan varian baru di keluarga Scrambler yaitu 800 Dark di ajang EICMA kemarin, direncanakan bakal meluncurkan kembali model teranyarnya dalam beberapa bulan mendatang. [dp/MTH]