MINI Electric Meluncur, Harga Dibanderol Mulai Rp945 juta

DAPURPACU – MINI Indonesia secara resmi merilis kendaraan listrik perdananya di Tanah Air, yang tersedia dalam dua varian, yaitu MINI Electric dan MINI Electric Collection.

Mobil kompak berpenggerak listrik murni ini menyalurkan tenaga yang spontan dari motor listrik dengan torsi penuh 0-100 km/jam hanya dalam 7,3 detik ataupun mampu berakselerasi dari 0-60 km/jam dalam 3,9 detik.

Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, menerangkan, MINI menjadi brand otomotif premium pertama di segmennya yang meluncurkan kendaraan full listrik.

“MINI Electric membuka jalan menuju pengalaman berkendara berkelanjutan dan tetap tawarkan desain unik. Dan mulai hari ini telah tersedia untuk pelanggan di Indonesia,” ungkap Ramesh dalam sambutannya di PIK Avenue, Jakarta, Rabu (8/6).

Di kesempatan yang sama, Head of MINI Asia, Kidd Yam menuturkan, mobil listrik ini tetap mempertahankan semua nilai historisnya, namun ditambahkan dengan sentuhan masa depan.

Kidd menambahkan, kendaraan ini memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi.

Baca juga:  Yuk Bidik Mobil Seken BMW - MINI Bersertifikat di Sini

“Mobil listrik ini tidak hanya meningkatkan stabilitas dan pengendalian, tapi membuat setiap tikungan lebih menyenangkan dari sebelumnya,” terangnya.

Mobil kompak premium ini ditenagai oleh motor listrik sebesar 135 kW/184 hp dengan torsi maksimum 270 Nm. Baterai lithium-ion khusus memungkinkan jangkauan hingga 232 km (WLTP) tanpa mengurangi volume kompartemen bagasi.

Pengisian daya bisa dilakukan di rumah pelanggan ataupun di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan status proses pengisian dapat dilihat di bagian dalam tutup pengisian.

Konsumen yang membeli MINI Electric bakal mendapatkan wallbox charging termasuk biaya pemasangan. Bahkan, dapat menggunakan fast charging dengan CCS DC Charging hingga 50 kW.

Dengan menggunakan daya pengisian hingga 11kW, MINI Electric membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan.

Sedangkan jika menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3kW, membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan.

Baca juga:  Yuk Bidik Mobil Seken BMW - MINI Bersertifikat di Sini

DC atau fast charging dengan daya pengisian hingga 50kW membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk mengisi 80% daya kendaraan.

Baterai dari MINI Electric merupakan baterai tegangan tinggi dengan konfigurasi model khusus terdiri dari sel lithium-ion yang dibagi menjadi 12 modul.

Pada akhirnya membentuk unit berbentuk T yang diposisikan di dasar kendaraan, memberikan energi sebesar 28.9 kWh (kapasitas bersih).

Mobil listrik ini dibangun pada model MINI Cooper S 3 Door, dimana dimensi, desain, ruang, dan interiornya diambil dari kendaraan bertenaga konvensionalnya.

Dengan penggunaan motor listrik yang jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin pembakaran konvensional, jadi terdapat distribusi beban yang luar biasa, sehingga tawarkan handling yang lebih gesit.

Pada saat yang sama, ruang kompartemen bagasi sama sekali tidak ada perubahan yaitu 211 liter, yang dapat ditingkatkan menjadi 731 liter ketika sandaran belakang dilipat.

Satu-satunya perbedaan adalah pada ketinggian kendaraan yang menyesuaikan dengan baterai, sehingga ground clearance 18 mm lebih tinggi daripada model bertenaga konvensional.

Baca juga:  Yuk Bidik Mobil Seken BMW - MINI Bersertifikat di Sini

Dengan bobot tanpa muatan 1.365 kilogram, MINI Electric hanya lebih berat sekitar 150 kilogram dari MINI Cooper S 3 Door.

Dari sisi interiornya, MINI Electric mengalami peningkatan teknologi dan fitur yang menarik, termasuk fungsi dan elemen desain yang baru, tetapi tetap mempertahankan dimensi yang sama.

Desain setirnya baru dilengkapi dengan tombol multifungsi yang terintegrasi dalam warna Piano Black Instrumen cluster yang baru. Desain panel baru berwarna hitam juga diterapkan pada layar 8,8 inci.

Ventilasi udara dalam dan luar juga hadir dengan desain modern plus dekorasi baru untuk panel kokpit dengan tampilan horizontal, juga bezel pintu Piano Black serta Ambient light warna baru.

Soal harga, MINI Electric ditawarkan dengan harga Rp945 juta, sementara untuk MINI Electric Collection dibanderol Rp955 juta off-the-road.

Harga ini sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, termasuk biaya pemasangannya. [dp/DF]

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com