Begini Upaya Hino Ciptakan Duta Keselamatan Jalan di Kalangan Generasi Muda

DAPURPACU – Sejalan dengan komitmennya membantu kelancaran transportasi yang aman, Hino terus berupaya menciptakan suasana kondusif di jalan khusus bagi generasi muda.

Upaya yang dilakukan diantaranya melalui edukasi keselamatan untuk anak-anak muda baik itu pelajar dan mahasiswa diperlukan sedari dini, demi mencegah terjadinya kecelakaan dikalangan pelajar.

Hal ini dibuktikan oleh wujudkan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) melalui dukungannya pada acara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2022.

Kegiatan ini digagas oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), dengan mengusung tema ‘Indonesia Future Transport’.

Tujuan digelarnya acara ini untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar. Sekaligus upaya pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Para pelajar memperoleh pendidikan yang dapat menunjang pengetahuannya, seperti keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, defensive driving, safety riding dan eco driving, serta manajemen kampanye keselamatan jalan dan public speaking.

Agar nantinya para pelajar ini bisa secara baik menyampaikan kepada teman dan masyarakat mengenai pengetahuannya.

COO-Direktur HMSI, Santiko Wardoyo mengakui, untuk membina budaya masyarakat yang sadar akan pentingnya ketertiban berkendara demi keselamatan lalu lintas. Tidak dapat dibangun seketika.

“Sejak dini setiap orang harus sudah ditanamkan nilai-nilai tertib berlalu lintas karena erat kaitannya dengan keselamatan,” ujarnya dalam siaran resmi, Kamis (15/9).

“Kami turut mendukung pemerintah pada program keselamatan berkendara melalui acara ini untuk membentuk budaya keselamatan di jalan bagi generasi muda,” tambahnya.

Dalam acara ini, Hino menyerahkan hadiah untuk tujuh pemenang dari dua kategori berbeda yaitu Terbaik serta Sosial Budaya dan Teknologi.

Tak hanya itu, Hino juga dipercaya oleh Kemenhub untuk menjadi bagian tim penilaian peserta dan sebagai narasumber untuk memberikan materi mengenai Hino Technician Mechanic School kepada para peserta.

Santiko berharap kegiatan tersebut mampu melahirkan generasi muda yang peduli keselamatan lalu lintas dan menjadi pelopor dalam keselamatan kepada sesama, keluarga, serta lingkungannya.

“Hal ini penting karena penanganan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan harus dilakukan secara komprehensif guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan,” tandasnya.

Sebagai informasi, Hino memiliki Hino memiliki program keselamatan pengemudi yang dinamakan, Hino Safety Driving Competition, yang sudah digulirkan sejak 2017.

Hingga kini, program tersebut sudah diikuti sebanyak 2.275 peserta pengemudi truk dan bus yang datang dari 1.687 perusahaan.

Terbaru telah digelar Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) batch kedua, untuk memanfaatkan fitur telematics dari Hino Connect dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.

Hino sendiri memiliki beragam fasilitas dan program keselamatan berkendara khusus untuk para pengemudi truk dan bus, seperti Hino Total Support Customer Center (HTSCC).

Di sana tersedia beragam fasilitas basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake. [dp/MTH]