Auto2000 BSD City Didapuk Jadi Bangunan ‘Green’ di Indonesia

DAPURPACU – Cabang Auto2000 BSD City, Serpong resmi meraih sertifikat Green Building EDGE Advanced, sebagai gedung ‘green’ kedua yang diterapkan di segala faktor demi kenyamanan pelanggan.

Sebelumnya sertifikat dari Green Building Council Indonesia ini diterima oleh cabang Auto2000 Wahid Hasyim Jakarta, menjadi bangunan diler otomotif pertama di Tanah Air yang mendapatkan penghargaan EDGE tersebut.

Senior Area Business Manager Auto2000, Riki Rusdiono mengapresiasi diterimanya sertifikat itu (Auto2000 BSD City) karena telah memenuhi kriteria dalam hal efisiensi energi, air, dan bahan konstruksi.

“Green pada Green Building bukan hanya sebatas warna, penghijauan atau tanaman, namun kualitas atau spesifikasi yang terpasang di sebuah bangunan dan berdampak positif terhadap lingkungan,” tambahnya.

Program EDGE sendiri bertujuan untuk mendorong pembangunan eco friendly building yang lebih berkelanjutan dan hemat energi di seluruh dunia.

Prosesnya melibatkan evaluasi terhadap desain bangunan yang mencakup faktor-faktor seperti isolasi termal, sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning), pencahayaan alami, manajemen air, dan lain-lain.

Baca juga:  Pasca Mudik Pakai Mobil, Periksa Tujuh Komponen ini

Atas dasar ini, gedung Auto2000 BSD City telah memenuhi kriteria efisiensi sumber daya pada bangunan berupa air, energi dan mineral pada level 2, yaitu Edge Advanced dengan tingkat energy saving mencapai lebih dari 40%.

Rinciannya 48% untuk energy saving yang dinilai dari efisiensi konstruksi bangunan, seperti efisiensi sistem pendingin dan lampu gedung. Lalu 38% water saving yang dinilai dari efisiensi penggunaan air di toilet, dapur, dan pencucian kendaraan.

Terakhir adalah sebesar 65 persen material bangunan berasal dari efisiensi dalam penggunaan material bangungan sesuai baseline EDGE.

Sejak proses rancang bangun, gedung Auto2000 BSD City didesain memiliki banyak overhang dan kaca menggunakan Sunergy Glass, yang meminimalisir panas yang masuk ke dalam bangunan.

Dengan begitu suasana di dalam gedung selalu sejuk dan mengurangi penggunaan pendingin ruangan (AC). Begitu pun penggunaan konsumsi air di area showroom dan bengkel.

Baca juga:  Waspada Jalur Contraflow di Mudik Lebaran 2024, Simak Tips Berikut

Keran air yang dipasang telah sesuai standard Green Building yakni 6 liter/menit, di mana toilet customer memakai keran sensor, keran tap di toilet karyawan.

Begitu juga pada keran wudhu, toilet eco flush, dan urinal dengan flush volume juga sudah sesuai standard Green Building dengan kapasitas maksimal 6 liter/menit.

Auto2000 BSD City dilengkapi solar panel, lighting fixture menggunakan lampu LED dan dilakukan electrical management dengan mengatur temperatur AC dan memakai timer lampu Fascia.

Sebagai informasi, Auto2000 juga telah memasang solar panel di 45 cabangnya di seluruh Indonesia. Termasuk charging EV station di beberapa cabangnya. [dp/TH]

Previous articleModal Rp10.000 Bisa Bawa Pulang Mobil Impian di Caroline
Next articleDaihatsu Berupaya Tingkatkan Skill Para SMK Binaannya