Wuling Air ev Janjikan Biaya Kepemilikan yang Rendah untuk Mobilitas Harian

DAPURPACUID – Tidak bisa dipungkiri, Wuling Air ev berhasil menjadi model kendaraan listrik dengan tingkat kesuksesan yang tinggi bagi pabrik berlambang lima berlian itu di Indonesia.

Pasalnya, sebagai produk ramah lingkungan ‘pure’ listrik berbasiskan baterai sebagai sumber daya utamanya, Air ev mampu mendulang penjualan lebih dari 10.000 unit hanya dalam kurun waktu satu tahun sejak diluncurkan.

Bodi yang kompak untuk menjawab kemacetan khas Ibu kota Jakarta, menjadi salah satu keunggulan dari pelopor mobil listrik tersebut di Indonesia. Tengok saja dimensinya yang tergolong imut itu.

Wuling Air ev memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm dan tinggi 1.631 mm. Berkat konfigurasi ini memberikan kepraktisan dalam hal melakukan manuver di jalan raya, termasuk saat parkir.

Meskipun begitu kapasitasnya untuk menampung empat orang dewasa tergolong nyaman. Konfigurasi pengaturan jok juga fleksibel sehingga mampu membawa barang bawaan.

Wuling Air ev tersedia dalam tiga varian yaitu Long Range, Standard dan Lite sebagai tipe terbaru yang diluncurkan bersamaan digelarnya GIIAS 2023, dengan banderol mulai dari Rp190 jutaan OTR Jakarta.

Baca juga:  Wuling Air ev ini Dimodifikasi 'Asyik', Demi Fungsi Proper

Dalam keterangan tertulisnya, Wuling Motors menyebutkan bahwa ketiga varian Air ev ini memberikan biaya kepemilikan yang sangat terjangkau di berbagai aspek, baik dari pengisian baterai hingga perawatan berkalanya.

Terkait pengisian daya baterai, pemilik Air ev bisa melakukan di rumah dengan syarat utama adalah kapasitas listrik minimal sebesar 2.200 watt. Dibekali juga dengan easy home charging system.

Baterai Lithium Ferro-phosphate yang telah memiliki sertifikat IP67 mampu tahan terhadap genangan air maupun debu, dan mendapat jaminan garansi sampai dengan 8 tahun.

Tersedia Socket Box untuk pengisian di luar rumah dan Charging Pillar untuk pengisian daya lebih cepat. Sekali lagi, Wuling menegaskan bagi para pemilik Air ev untuk pengisian di rumah tidak akan membebankan.

Nuansa interior Wuling Air ev varian Lite, yang dibanderol Rp190 jutaan OTR Jakarta.

Sebagai gambarannya, harga per satu kWh listrik saat ini adalah Rp1.440 (daya 2.200 watt) dan Rp1.699 untuk daya direntang 3.500 watt sampai dengan 6.600 watt.

Baca juga:  Catat! Hyundai All-New KONA Electric Dibanderol Mulai Dari Rp499 Juta

Dengan kapasitas baterai 26,7 kWh, berarti biaya yang harus dikeluarkan para pemilik berkisar antara Rp38.500 sampai Rp45.000, untuk pengisian dari kondisi kosong hingga full.

Sementara untuk pengisian di outlet SPKLU rata-rata dikenakan harga per kWh sekitar 2.500-an, tergantung masing-masing penyedia layanan pengisian daya baterai listrik.

Dengan begitu sudah dapat dicerna bahwa pengisian di SPKLU hanya membutuhkan biaya sekitar Rp65.000-an untuk tipe Long Range dan Rp42.000-an pada varian Standard serta Lite.

Bicara keunggulan lainnya, Air ev tipe teratas mampu menjelajah hingga 300 km untuk sekali pengisian daya baterainya. Selain itu, Anda pun dapat berlalu lalang di jalan dan terbebas dari peraturan Ganjil-Genap.

Biaya kepemilikan Wuling Air ev juga terbilang terjangkau, hanya cukup mengeluarkan kocek sekitar karena Rp2,7 jutaan untuk pemakaian hingga 100 ribu kilometer.

Untuk fitur-fitur keselamatannya, Wuling membenamkan 2 Airbags, ABS, EBD, ESC, EPB, AVH, ISOFIX, Sound Module for Pedestrian Warning, TPMS, Rear Parking Sensor & Camera, Immobilizer dan Anti Theft Alarm.

Baca juga:  Omoda E5 Pure, Perkuat Penguasaan Pasar Mobil Listrik di Indonesia

Terdapat juga fitur canggih lainnya seperti Electric Power Window, Multifunction Steering Wheel, USB Charging Port, Wuling Remote Control via IoV, serta Wuling Indonesian Command (WIND).

Wuling menyediakan program khusus seperti Lifetime EV Core Component Warranty, Extensive Free Maintenance, special EV charging device promo dengan biaya tambahan sebesar Rp5.000.000.

Pada program garansi Lifetime EV Core Component Warranty mencakup tiga komponen inti kendaraan listrik, seperti power battery, drive motor, hingga motor control unit.

Para calon pemilik Air ev nantinya akan mendapatkan charging device Non-OCPP secara gratis khusus varian Long Range. Special gift berupa 2 gram logam mulia akan didapat langsung tanpa diundi untuk pembelian selama promo ‘Ramadhan Sale’.

Wuling Motors membanderol Air ev Long Range seharga Rp275 jutaan, Standard Range dijual Rp224 jutaan dan Rp190 jutaan untuk tipe Lite. Harga sudah termasuk insentif PPN dari pemerintah. [dp/TH]

Previous articleHino Hadirkan Fasilitas Uji KIR, Biayanya Cukup Rp275 Ribu
Next articleKTB Pertimbangkan Mitsubishi Fuso ‘Terjun’ di Segmen Big Bus