DAPURPACUID – PT Bank BTPN Tbk resmi mengakuisisi dua perusahaan pembiayaan, yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dan PT Summit Oto Finance (SOF), yang dikenal sebagai Oto Group.
Adanya akuisisi ini diharapkan memperkuat sinergi antara Bank BTPN dan Oto Group dalam menghadapi peluang pertumbuhan pasar pembiayaan kendaraan roda empat maupun roda dua di Indonesia.
“Akuisisi Bank BTPN terhadap Oto Group menjadi tonggak penting bagi perusahaan dalam menyediakan portofolio bisnis yang lebih lengkap guna melayani segmen nasabah lebih luas,” kata Direktur Utama PT Bank BTPN, Henoch Munandar dalam siaran pers, Rabu (27/3).
Henoch menambahkan, integrasi Oto Group ke ekosistem Bank BTPN diharapkan dapat mendorong inovasi produk dan layanan yang lebih relevan bagi nasabah.
Pasca akuisisi, komposisi kepemilikan saham OTO dan SOF akan berubah, dimana Bank BTPN memiliki 51% saham, PT Summit Auto Group 34% saham dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk 15% saham.
Integrasi Oto Group ke dalam jaringan Bank BTPN mencakup pembiayaan bersama, perluasan ekosistem melalui pemanfaatan jaringan cabang, serta peningkatan SDM melalui program pelatihan bersama.
Presiden Direktur SOF dan CEO OTO Group, Victoria Rusna mengaku menyambut baik akuisisi tersebut sebagai pencapaian penting bagi Oto Group.
Ia menyatakan harapannya bahwa sinergi dengan Bank BTPN akan mendorong pertumbuhan berkelanjutan Oto Group sebagai penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat.
Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan penetrasi pasar di segmen-segmen yang sebelumnya belum terjangkau, sekaligus memperluas potensi basis pelanggan Oto Group.
“Sinergi dengan Bank BTPN akan memotivasi OTO Group untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan menjadi penyedia solusi keuangan terpercaya bagi masyarakat,” imbuhnya.
Henoch menambahkan, dengan basis pelanggan tersebar luas, pemanfaatan infrastruktur dan jaringan distribusi dari kedua perusahaan, Bank BTPN dapat meningkatkan penetrasi pasar di segmen-segmen yang sebelumnya belum terjangkau.
Dia pun meyakini Bank BTPN bersama dengan OTO Group dapat memperkuat kepercayaan nasabah dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan ke depannya.
“Kami percaya dengan potensi pasar yang ada serta fokus pada pelayanan berkualitas yang mengedepankan prinsip customer-first,” tutup Henoch. [dp/TH]