Hyundai Gowa Pupus Pengemudi Wanita ‘Arogan’, Simak Tipsnya

DAPURPACUID – Tidak sedikit kaum hawa yang memilih mengemudi mobil sendiri dengan alasan kenyamanan dan lebih mendapatkan privasi. Padahal tidak sedikit terlintas dari benak pengendara lain yang merasakan kekhawatiran.

Memang pada dasarnya tidak ada perbedaan antara pengemudi pria ataupun wanita, saat mereka berada di balik kemudi. Tentu keduanya sudah memiliki keterampilan sendiri saat berkendara di jalan.

Oleh karena itu, para ‘Kartini Masa Kini’ juga perlu memahami cara berkendara yang baik untuk meningkatkan keamanan dan menghindari terjadinya kecelakaan. Berikut tipsnya:

1. Tingkatkan Kemampuan Mengemudi

Pengemudi wanita hendaknya selalu mengasah kemampuan berkendara, seperti kemampuan parkir, pengereman, perhatikan spion, atau kondisi darurat di kecepatan tinggi.

Foto by Hyundai Motors Indonesia

Ketika berkendara jalan raya, pengemudi pria maupun wanita memiliki tanggung jawab yang sama dan wajib memiliki kemampuan mengemudi yang memadai.

2. Perhatikan Kondisi Kendaraan

Langkah awal sebelum berkendara adalah memastikan mobil tidak memiliki kendala teknis seperti tekanan angin ban, oli mesin dan komponen lainnya untuk menghindari mogok di jalan.

Perhatikan apakah ada suara aneh di mesin dan semua lampu indikator saat mesin menyala. Sebaiknya, pengemudi mempelajari buku manual yang berisi banyak informasi mesin seputar fitur mobil.

Jika terjadi masalah saat berada di rumah atau di jalan, ada baiknya pengemudi wanita dapat merespon secara mandiri sehingga tidak panik atau kerepotan.

3. Pastikan Kelengkapan Surat-surat Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan dalam berkendara seperti SIM atau STNK masih dalam keadaan aktif, untuk menghindari masalah seperti kena tilang polisi.

Selain itu, apabila surat-surat kendaraan sudah tidak berlaku lagi, maka bisa menyulitkan klaim asuransi jika terjadi kecelakaan di jalan.

4. Menerapkan Safety Driving

Selalu gunakan sabuk pengaman baik perjalanan jauh maupun dekat. Tak kalah penting harus mengontrol emosi untuk menghindari kesalahan manuver. Terlebih ketika ada yang memotong jalan.

Tak kalah penting, jangan mudah panik saat mobil mengalami masalah karena akan meningkatkan risiko kecelakaan. Hindari penggunaan ponsel atau melakukan dandan saat sedang mengemudi, serta selalu patuhi rambu lalu lintas.

5. Jangan Memakai High Heels

Bentuk high heels yang menekuk akan membatasi pergerakan kaki dan diyakini mengurangi feeling mengemudi. High heels juga berisiko membuat kaki tergelincir saat pedal diinjak. Sebaiknya, gunakan sepatu yang memiliki alas datar demi kenyamanan berkendara.

“Kami berharap para Kartini masa kini juga memiliki kesetaraan dalam pengetahuan seputar kendaraannya,” kata Chief Operation Office Hyundai Gowa, Ferry dalam siaran resminya.

“Tim kami siap mendampingi dan menjelaskan hal-hal yang ingin diketahui pelanggan agar semakin nyaman dan aman berkendara, termasuk menjaga kondisi mobil agar selalu prima,” tandasnya.

Untuk mendapatkan layanan prima saat berkunjung ke salah jaringan Hyundai Gowa, pelanggan bisa langsung menghubungi service advisor dan mengutarakan keluhan pada mobilnya. [dp/TH]

Previous articleGAC Aion Raih Peringkat Ketiga Mobil Listrik Terbaik di Dunia
Next article30 Ribu Pencinta Vespa Meriahkan Vespa World Days 2024