DAPURPACUID – PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menggelar Honda National Skill Contest 2025, di Training Center PT HPM, Jakarta Utara, 21-22 Januari lalu.
Pada kompetisi yang sudah dilaksanakan ke 19 kali itu untuk menguji keterampilan para sumber daya di diler, sekaligus meningkatkan kualitas layanan kepada konsumen.
Untuk tahunan ini, kontes tersebut diikuti oleh wiraniaga, teknisi servis, service advisor, parts staff, dan customer care officer dari seluruh diler resmi Honda di Indonesia.
Sebelum mencapai tingkat nasional, seleksi dilakukan di lima wilayah Main Dealer Honda yang membawahi seluruh diler resmi di Indonesia.
Di tahap final, sebanyak 81 finalis dari 44 diler bersaing dalam berbagai kategori, meliputi 18 orang wiraniaga untuk sub kategori Sales Consultant dan Sales Instructor, 45 orang teknisi dari Teknisi General Repair, Teknisi Pair Maintenance dan Service Advisor.
Selain itu juga terdapat sembilan orang dari Spare Parts dan sembilan orang dari Customer Care yang mengikuti berhasil masuk babak final tersebut.
Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, kontes ini menjadi ajang penting mengukur dan meningkatkan kesiapan SDM dalam memberikan layanan terbaik bagi konsumen.
“Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat terus meningkatkan standar pelayanan, baik di bidang sales maupun aftersales di seluruh diler Honda,” imbuh Billy, dalam siaran resminya.
Dalam kategori wiraniaga, peserta diuji melalui tes tertulis dan simulasi untuk mengukur pemahaman produk, sekaligus keterampilannya melayani pelanggan.
Sementara itu, dalam kategori servis, para teknisi bersaing dalam keahlian General Repair, Pair Maintenance, serta Service Advisory.
Untuk kategori Spare Parts, peserta diuji dalam penguasaan suku cadang Honda, sedangkan pada kategori Customer Care Officer, peserta mensimulasikan berbagai skenario layanan pelanggan, mulai dari menjawab pertanyaan produk hingga menangani keluhan pelanggan dengan profesional.
Melalui kompetisi ini, Honda terus berkomitmen meningkatkan standar layanan di seluruh dealer, memastikan pengalaman terbaik bagi konsumen di Indonesia.
Berikut merupakan daftar pemenang Honda National Skill Contest 2025:
– Sales Consultant
1. Vina Herviana (Honda Bandung Center)
2. Patricia Labita Irawan (Honda Cikarang)
3. Nuriati (Honda IDK 2)
– Sales Instructor
1. Muhammad Zamzami (Honda Arista Ringroad)
2. Erizal (Honda IDK Group)
3. Tri Joko Diswanto (Honda Pekalongan Motor)
– Service Advisor
1. Mazari Legiwijaya (Honda Sonic)
2. Aditia Sanjaya (Honda Fatmawati)
3. Alif Riyadi (Honda Tugu)
– General Repair
1. Dede Rian & Imam Maulidzar (Honda Permata Serpong)
2. Bagus Crisdian & Putra Wahyu Pratama (Honda Surabaya Center)
3. Rizky Firdiansyah & Daten Fandami (Honda Fatmawati)
– Service Pair Maintenance
1. Agus Setiawan & Arief Rahmadi (Honda Sholeh Iskandar)
2. Sandi Beni Muharam & Nasum (Honda Permata Hijau)
3. Nanang Muyadi & Dimas Fahtur Rahman (Honda Arista Sudirman)
– Parts Staff
1. Yosy Putra Kurniawan (Honda Istana Jember)
2. Jusman (Honda Amartha Samarinda)
3. Gita Nia Wahyuni (Honda Arista Sudirman)
– Customer Care Officer
1. Riska Rachmania Hartono (Honda Royal Kenjeran)
2. Ayu Nur Alfiah (Honda Auto Cilegon)
3. Rahmi (Honda Sanggar Laut Palopo)