DAPURPACUID – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengumumkan kinerjanya sepanjang 2024, yang kembali menempati posisi pemimpin pasar segmen kendaraan niaga.
Dalam kondisi pasar penuh tantangan dan penurunan penjualan, rangkaian produk truk Mitsubishi Fuso mampu meraih 38,1 persen pangsa pasar atau setara 27.683 unit.
Dari angka tersebut varian Canter berhasil mendominasi pasar Light Duty Truck (LDT) sebesar 53,1 persen atau setara 25.219 unit yang mampu terjual.
Sementara untuk kategori Medium Duty Truck (MDT), Fuso Fighter X mampu mencatatkan perolehan pangsa pasar sebesar 13,3 persen, atau sebanyak 2.436 unit terjual.
Momentum keberhasilan distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation di Indonesia, ini merupakan ‘kado terindah’ di 55 tahun eksistensinya di Tanah Air.
“Perjalanan Mitsubishi Fuso 55 tahun di Indonesia menjadi sebuah milestones bersejarah bagi kami,” ujar Sales & Marketing Director PT KTB, Aji Jaya disela Buka Puasa Bersama di Kantor KTB, Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (21/3).
Menurutnya, hasil yang ditorehkan jelas menjadi pencapaian positif tersendiri bagi perusahaan, di tengah kondisi pasar yang cukup menantang pada tahun lalu.
“Tentunya ini memotivasi kami untuk siap melaju lebih jauh di tahun ini. Kami sudah menyiapkan berbagai strategi agresif serta line-up baru untuk penetrasi pasar kendaraan niaga,” imbuhnya.
Perkuat Layanan Purna Jual
Pihak KTB mengeklaim pencapaian positif yang diraih tersebut tidak terlepas dari beragam aktivitas layanan purna jual telah dilakukan di sepanjang 2024.
Aktivitas itu berupa perluasan layanan After Sales Service, diantaranya menambah jaringan diler yang saat ini berjumlah 223 outlet untuk lebih menjangkau konsumen.
Termasuk menambah lokasi Bengkel Siaga 24 Jam menjadi 19 lokasi, 5 Service Point, 21 Parts Depo, 135 armada Mobile Workshop Service, serta lebih dari 7000 outlet Spare Parts.
Tak hanya itu, inovasi digital juga terus diperkenalkan kepada para pelanggan dengan meluncurkan Fuso Spare Parts Official di Shopee, Tokopedia dan Lazada.
Sekaligus mengembangkan aplikasi MyFuso dan Runner Telematics, untuk memberikan kemudahan kepada konsumen mengatur operasional bisnisnya dengan efektif.
Berkat pencapaian mempertahankan penguasaan pasar kendaraan niaga, termasuk perluasan layanan purna jual yang optimal, KTB berhasil meraih Top Brand 100 Award 2025 dan WOW Brand 2025 sebagai Gold Champion.
“Dengan diraihnya dua penghargaan ini semakin mempertegas posisi Mitsubishi Fuso sebagai merek kendaraan niaga terpercaya dan terkemuka di Indonesia,” tutup Aji. [dpid/TH]