Ini Cara Komunitas Innova Jaga Kelestarian Alam


JAKARTA (DP) – Dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, para anggota Innova Community (IC) melakukan aksi penghijauan di berbagai pelosok wilayah Indonesia dan negara tetangga, Malaysia.

Mengusung tema ‘1 member = 1 bibit pohon’, kegiatan penanaman bibit pohon itu dilakukan oleh 33 chapter IC. Pelaksanaannya sendiri dilakukan secara paralel sejak 21 April hingga 29 April lalu.

Tahun ini jumlah pohon yang ditanam sesuai dengan jumlah anggota Innova Community, yaitu 2.500 pohon, yang terdiri dari berbagai macam jenis pohon buah-buahan, seperti nangka, cempedak, mangga dan lain sebagainya.

Selain berfungsi mencegah longsor, hingga nanti pemerintah memasang seatpile, diharapkan kelak hasilnya dapat bermanfaat bagi warga sekitar. Dan dalam IC Go Green tahun ini dilengkapi dengan CSR penebaran bibit Ikan di Danau Sipin, Jambi dan di Sungai Brantas, Kediri.

Diharapkan aksi ini bisa menjaga keseimbangan ekosistem di danau maupun sungai. Dan untuk mengajak masyarakat sadar akan kebersihan, anggota IC juga menyumbangan keranjang sampah di Danau Sipin dan di area wisata Gunung Kelud, Jawa Timur.

Baca juga:  Marquez Rebut Pole Position di Sachsenring

Puncak dari kegiatan tersebut berlangsung di Curug Cipamingkis, Bogor, yang dikemas dalam acara camping bersama. Dengan menggandeng Dinas Kehutanan Bogor, penanaman pohon dilakukan di sepanjang aliran sungai Cipamingkis, yang beberapa pekan sebelumnya terjadi banjir bandang besar, sehingga merusak vegetasi sekitar sungai.

Menurut Ketua Harian IC, Fransisca, acara ini merupakan bentuk kepedulian lingkungan dari seluruh anggota IC untuk terus melestarikan lingkungan.

“Kami juga ingin mendukung program penanaman sejuta pohon dari pemerintah. Semoga setiap tahun, kami dapat melaksanakan kegiatan serupa di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Fransisca, dalam keterangan tertulisnya. [dp/MT]