Porsche Panamera 2017-2018 Kena Recall, Penjualan Dihentikan


LOS ANGELES (DP) – Porsche USA telah mengumumkan penarikan produk (recall) terhadap sekitar 715 unit Panamera model 2017-2018 karena ditemukan masalah teknis.

Atas temuan tersebut, Porsche di negerinya Donald Trump itu memerintahkan untuk menghentikan penjualan sedan mewah itu untuk sementara waktu.

Pabrikan mobil asal Jerman tersebut, dalam pernyataan tertulisnya medio pekan ini, mengatakan beberapa sambungan pada anti-roll bar belakang Panamera kemungkinan tidak terpasang dengan baik.

Jika tidak diperbaiki, sambungan pada roll bar berpotensi terlepas. Bila hal itu terjadi, roll bar dapat menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen suspensi lainnya sehingga mengurangi kemampuan handling kendaraan.

Tercatat sekitar 715 unit Panamera, seluruhnya model 2017 atau 2018 yang terindikasi mengalami masalah tersebut.

Sejauh ini, keseluruhan model Panamera yang terkena recall beredar di AS dan Puerto Rico. Tapi ada baiknya para pemilik Panamera untuk model 2017 dan 2018, termasuk di Indonesia, memeriksakan kendaraan mereka ke bengkel resmi atau meminta konfirmasi ke pihak prinsipal apakah kendaraan mereka juga berpotensi mengalami hal yang sama.

Menurut Porsche USA, pemilik kendaraan yang terkena recall akan mendapatkan pemberitahuan via email dan meminta konsumen untuk membawa kendaraan mereka ke bengkel resmi Porsche.

Dalam program servis itu, bengkel resmi Porsche akan mengganti komponen bermasalah dengan yang baru yang lebih kuat. Dan perbaikan serta penggantian komponen itu tak dipungut biaya alias gratis. [dp/TGH]