Awas! Pengelasan Pada Kerangka Jeep Wrangler Potensi Lepas


LOS ANGELES (DP) – Fiat Chrysler Automobiles (FCA) menyatakan akan melakukan penarikan produk (recall) dan menghentikan penjualan untuk sementara untuk beberapa varian Jeep Wrangler model 2018 dan 2019 karena ada pengelasan pada bagian rangka yang berpotensi terlepas.

Melalui komunikasi dengan sejumlah pemilik Wrangler di Amerika Serikat, Fiat Chrysler Automobiles menyatakan pihaknya menemukan pengelasan untuk menahan track bar bracket ke rangka kendaraan bisa terlepas. Kondisi ini bisa menyebabkan bracket terlepas dari kerangka dan bisa memicu kecelakaan.

Pabrikan mobil gado-gado Italia dan Amerika itu melaporkan bahwa program recall terbaru ini menyasar sedikitnya 18.000 unit kendaraan dan diyakini ada sekitar 4 persen (sekitar 720 kendaraan) mengalami masalah tersebut.

Beberapa anggota JL Wrangler Forums bahkan sudah membahas masalah ini dan saling berbagi gambar mengenai buruknya kualitas pengelasan bagian yang disebutkan di atas. Beberapa pemilik New Wrangler juga membagikan gambar yang menunjukkan di area pengelasan terdapat silika dalam jumlah banyak yang menyeruak ke permukaan di area pengelasan. Itu menandakan area baja tidak benar-benar bersih saat sebelum dilakukan pengelasan.

Baca juga:  Kejurnas Drifting 2018 Bakal Berlangsung di Pondok Cabe

Lain lagi dengan laporan Jalopnik, yang menyatakan sejumlah pemilik Wrangler mendapati beberapa bagian pengelasan pada kerangka kendaraan retak atau tak menempel dengan baik. Kebanyakan area tersebut pada track bar mount.

Salah satu anggota JL Wrangler Forums menceritakan pengelamannya saat berkendara di jalan bebas hambatan dan tiba-tiba mengalami hilang kendali pada setir. Dengan cepat ia masuk ke bahu jalan dan akhirnya mobil miliknya diderek. Setelah diperiksa, mekanik di dealer Jeep menemukan track bar sudah terlepas dari kerangka kendaraan akibat buruknya kualitas pengelasan. Padahal mobil tersebut baru menempuh jarak beroperasi sejauh 1.126 km dan belum pernah sekalipun melibas medan off-road.

Bagi Anda pemilik Wrangler dengan model tahun yang sama di Tanah Air, ada baiknya untuk memeriksakan kendaraan Anda ke dealer resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. [dp/TGH]