Lihat Ini, Konsep Interior Menarik Mobil Otonom Toyota


LAS VEGAS (DP) – Gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas tak lama lagi dihelat, dan di ajang pameran teknologi itu Toyota akan unjuk kebolehan mengenai teknologi otonom. Toyota akan memperkenalkan dua konsep.

Toyota Boshoku, perusahaan milik raksasa otomotif itu untuk menggarap teknologi kendaraan masa depan, berencana memanfaatkan CES untuk memperkenalkan dua konsep interior untuk mobil otonom.

Konsep pertama bernama ACES (Active Comfort Engaging Space) dan konsep ini dirancang untuk digunakan pada kendaraan yang mengadopsi teknologi pengemudian otonom Level 4.

Karena konsep ini tidak didesain untuk kendaraan otonom penuh, maka di dalam kabin masih bersemayam lingkar kemudi, meski bentuknya juga tidak bulat sepenuhnya tapi lebih mirip setir pesawat terbang.

Jika diperhatikan, sepertinya konsep ini juga memiliki cluster instrument yang segala informasinya diproyeksikan ke atas dashboard. Juga terlihat infotainment system yang masih tradisional, kemudian terdapat kamera video untuk memantau sekeliling kendaraan dan dua pengendali untuk kursi depan.

Baca juga:  Trending Topic, Ini Motor yang Dibuat Ngebut Presiden Menuju GBK-Senayan

Toyota tak banyak cerita soal sistem kendali yang seolah melayang itu, tapi konsep kabin ini dibekali sistem deteksi fisik dan postur pengemudi dan penumpang, yang menggunakan kamera dan sensor tempat duduk untuk mendeteksi posisi mata, ukuran dan postur pengendara di depan.

Tempat duduk dan seatbelt akan otomatis menyesuaikan agar pengemudi dan penumpang lebih nyaman.

Bicara soal kenyamanan, konsep kabin ini sistem penyejuk udara personal yang memonitor suhu di sekitar masing-masing penghuni kursi depan.

Layaknya sejumlah konsep anyar, ACES memiliki sistem pemantau emosi, yang dapat mengetahui suasana hati. Esensinya, konsep itu dapat menyesuaikan sistem pencahayaan ambient dan mengeluarkan wewangian guna membantu memberikan efek tenang ketika penumpang merasa stres.

Nah, karena pengemudi masih harus mengendalikan kendaraan sewaktu-waktu, konsep ini telah dilengkapi dengan active driver engagement system. Jika sensor mendeteksi pengemudi mengantuk, sistem akan mengaktifkan musik dan getaran untuk membantu agar pengemudi tetap terjaga.

Baca juga:  Vale Indonesia Siap Pasok Bahan Baku Baterai Mobil Listrik

Selain konsep ACES, Toyota Boshoku juga bakal memajang Moox. Konsep interior ini dirancang untuk kendaraan otonom penuh yang menyerupai kotak di atas roda.

Dalam pernyataan tertulisnya, Toyota enggan memberikan penjelasan detail mengenai konsep tersebut, tapi ditegaskan bahwa konsep itu didesain untuk mendukung beragam layanan berbeda, mulai dari bisnis hingga hiburan, yang dilengkapi layout tempat duduk fleksibel dengan beragam fungsi.

Hebatnya, Moxx juga dilengkapi layar untuk menampilkan tayangan gambar yang mengajak penumpang untuk bergabung dalam rapat jarak jauh atau sekadar chatting sebelum tiba di kantor atau tempat kerja. Menarik bukan? [DP/TGH]