BMW Rayakan 20 Tahun Keterlibatannya di Balapan MotoGP

BMW rayakan 20 tahun keterlibatannya di ajang MotoGP, sejak resmi berkolaborasi pada 1999.

MUNICH (DP) – 20 tahun BMW terus memasok lini produk andalannya dalam jajaran kendaraan safety cars di ajang MotoGP. Dengan berakhirnya musim balap 2018, pabrikan mobil Jerman ini merayakan dua dekade keterlibatannya pada balap motor bergengsi tersebut.

Untuk merayakan momen tersebut, BMW pun merilis video yang menggambarkan seluruh kinerja produk-produknya saat memberikan ‘pengawalan’ para pebalap sejak mulai bergabung pada 1999.

Selama kolaborasi dengan Dorna ini, BMW Seri M terbilang cukup sukses menjadi ‘penghias’ di setiap lintasan. Paling terakhir adalah M5 Competition yang menjadi lini andalan BMW sepanjang musim 2018.

Lini produk paling ikonik tentunya Z8 Roadster yang telah dirancang khusus sepanjang musim 2002. Di pasar, unit ini terbilang cukup jarang ditemui mengingat Z8 Roadster merupakan produk terbatas.

BMW Z8 Roadster.

Jadi, bagi mereka yang melihat mobil ini melintasi trek tentunya menjadi pemandangan langka dan luar biasa. Tambahan roll cage di bagian kabin membuat sosoknya makin terlihat lebih menarik.

Baca juga:  Dua 'Peluru' Baru Hyundai di IIMS 2018

Tak kalah menarik adalah tampilnya Z4 M Coupe yang digunakan pada 2007. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 2011, 1M Coupe turut dilibatkan oleh BMW di ajang itu. Namun banyak yang menyimpulkan kemunculan mobil menjadi yang paling buruk dari semuanya.

Rupanya BMW mendengar hembusan miring tersebut. Empat tahun kemudian, BMW mulai ‘menerjunkan’ lini andalannya yaitu Seri M, yang dimulai dari M4 pada 2015. Dibalut warna hitam satin, Divisi M cukup jeli melihat decak kagum penonton melihat mobil ini berlalu-lalang di lintasan.

Berlanjut di tahun berikutnya adalah M2 (2016) dan tentu saja, M5 pada musim lalu. Sejatinya, mobil ini menggantikan M5 xDrive. Desainnya mengacu pada M8 GTE, yang melakukan debutnya di ajang 24 Hours of Le Mans tahun ini.

Layaknya sebuah mobil balap, M5 Safety Cars juga dibekali fitur-fitur penunjang kecepatannya di trek, yaitu jok sporti yang juga disematkan pada M4 GTS dan front splitter, yang dirancang khusus para insinyur BMW M.

Baca juga:  Genap 1 Dekade, HASCI Komitmen Tetap Kompak

BMW juga pernah memunculkan X6 M sebagai unit medical car, serta BMW S 1000 RR yang diterjunkan sebagai safety bike. Untuk musim balap MotoGP di tahun-tahun mendatang, pihak BMW masih mempertimbangkan unit-unit apa yang bakal ditampilkan.

Namun bisa jadi, atau bakal membuat terkejut penonton, kehadiran M8 akan ditunggu-tunggu untuk musim balap 2020. [dp/MTH]