Meski Cuma Facelift, Toyota Tetap Pede Jualan New Avanza dan Veloz


JAKARTA (DP) – Tak ada aura pesimistis di wajah para petinggi Toyota Astra Motor meski New Avanza dan New Veloz hanya versi facelift. Kehadiran model anyar ini diharapkan dapat memperkuat posisi Avanza di tengah persaingan yang semakin ketat, khususnya di segmen Low-MPV.

“Selama 15 tahun kehadirannya di Indonesia, Avanza mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional dan mencatatkan rekor MURI untuk pencapaian penjualan 1 juta unit tercepat. Dengan sejumlah penyegaran yang dilakukan pada New Avanza dan New Veloz, kami optimistis model baru ini akan memberikan nilai tambah lebih kepada konsumen,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata pada acara peluncuran New Avanza dan New Veloz di Jakarta, Selasa (15/1).

Meskipun tidak menghadirkan versi “All New” atau generasi terbaru dan hanya versi facelift, TAM sangat optimistis New Avanza dan New Veloz bisa diterima dengan baik oleh konsumen, mengingat ubahan yang dilakukan pada New Avanza dan New Veloz cukup banyak. Apalagi tidak ada kenaikan harga untuk model baru ini.

Baca juga:  Honda Scoopy, Si Retro yang Perkasa di Puncak Penjualan

“Tahun lalu, penjualan Avanza rata-rata berada di angka 6.800 per bulan. Dengan model baru ini, targetnya Avanza bisa menguasai 30% market share di segmen low-MPV dengan penjualan 7.000 unit sampai 7.500 unit per bulan,” papar Marketing Direktur TAM, Anton Jimmi.

Toyota Avanza diperkenalkan pertama kali pada akhir 2003, kemudian resmi dipasarkan pada awal 2004. Generasi keduanya meluncur 2011 diikuti varian baru Veloz yang merupakan varian teratas. Selama 15 tahun kehadirannya di Indonesia, penjualannya telah mencapai lebih dari 1,7 juta unit.

Tahun lalu di tengah persaingan yang semakin ketat, Avanza membukukan angka penjualan 82.167 unit. Tidak hanya menjadi market leader di segmen low-MPV, tetapi juga berhasil bertahan sebagai mobil terlaris di Indonesia.

Terkait ubahan yang dihadirkan pada model baru ini, Executive Chief Engineer New Avanza dan New Veloz, Kazutoshi Sakamoto, menambahkan, perubahan mendasar New Avanza terlihat pada bagian depan yang tampak semakin kokoh, stylish, dan modern. Perubahan mencolok terlihat pada empat lampu headlamp yang dibelah.

Baca juga:  Kia Grand Sedona Diesel Bidik MPV-SUV Diesel, Innova Venturer Target Utama

“Tampilan headlamp yang menggunakan lampu LED juga ditunjang dengan desain garnish yang menarik. Garis bodi yang melewati lampu depan terus ke samping juga memberikan kesan penampilannya menjadi lebih panjang dibandingkan pendahulunya,” ujarnya.

Penyegaran juga dilakukan pada bagian roda (velg). Sementara kesan tampilan yang lebih kuat terlihat pada New Veloz dengan desain trapesium pada grille-nya, menjadikan New Veloz terlihat lebih gagah dan semakin stylish.

New Avanza dan New Veloz juga diklaim lebih senyap dibandingkan pendahulunya karena perbaikan pada insulator yang diletakkan di sasis bagian belakang, lantai serta dash panel bagian depan, sehingga suara kian kedap. [dp/TGH]