Jangan Salah, Ini Bukan Jeep Wrangler Lho!


NEW DELHI (DP) – Mahindra and Mahindra sepertinya ingin meniru apa yang dilakukan sejumlah pabrikan mobil asal China yang suka menjiplak desain mobil merek global, khususnya Eropa. Tapi yang dilakukan Mahindra ini berbeda, karena yang dicontek adalah merek kondang asal Amerika Serikat, yakni Jeep.

Adapun hasil contekan itu dituangkan dalam model anyar mereka, yaitu Mahindra Thar model 2020. SUV ikonik asal India ini akan menjadi generasi terbaru, dan prototipenya sudah menjalni serangkaian pengujian di jalan raya, lengkap dengan stiker kamuflasenya.

Baru-baru ini beredar gambar render dari Mahindra Thar, yang mengacu pada prototipe yang kerap tertangkap kamera saat dilakukan pengujian. Nah, dari gambar render tersebut, terlihat jelas tampang Mahindra Thar sangat mirip dengan wajah Jeep Wrangler, terutama desain gril (lubang gril vertikal) yang menjadi ciri khas Jeep selama ini.

Mahindra Thar 2020 akan menjadi model pengembangan dari desain Thar yang beredar sekarang. Perlu diketahui, desain gril Thar dan beberapa model Mahindra lainnya, termasuk Mahindra Major, memiliki kemiripan desaind engan Jeep, yakni tujuh lubang gril vertikal dan lampu utama bulat.

Baca juga:  Peserta GIIAS Makassar Auto Show 2018 Tebar Promo Menggiurkan

Di fender masih akan menjadi tempat menempelnya lampu sein, moncong rata dan kaca yang bisa dilipat ke depan, sepertinya amsih akan dipertahankan pada Mahindra Thar 2020. Namun demikian, Mahindra Thar versi baru ini terlihat lebih modern, meski secara garis besar masih mempertahankan banyak detail dari Thar lawas.

Untuk model Thar terbaru diperkirakan akan memiliki desain sedikit lebih bagus, dengan desain bumper baru dan fascia depan yang agak membulat, sehingga tidak tampak kaku ala Jeep kuno. Bisa saja lampu utama akan menggunakan LED untuk menggantikan lampu halogen, demikian juga dengan lampu seinnya.

Dibandingkan dengan model yang ada sekarang, Mahindra Thar 2020 akan memiliki dimensi lebih besar. Selain itu, Mahindra Thar generasi anyar diklaim memiliki pengendalian lebih baik berkat penggunaan sasis baru Magna, yang juga akan digunakan oleh Mahindra Scorpio generasi baru.

Baca juga:  Jeep Gladiator 2020, 'Sang Petarung' yang Siap Melawan Siapapun

Tak berhenti di situ, new Mahindra Thar juga akan memiliki konstruksi lebih baik guna mengakomodasi penggunaan sejumlah fitur keselamatan terkini. Mahindra Thar 2020 disebutkan akan dilengkapi airbag di sisi pengemudi, sensor parkir, rem ABS, dan speed alert system. Sedangkan fitur-fitur opsional bisa meliputi airbag di sisi penumpang dan kamera parkir. Hebatnya lagi, Mahindra Thar model anyar bisa juga dibekali touchscreen infotainment system dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Untuk dapur pacunya, Mahindra Thar 2020 akan mengusung mesin baru 2.0-liter turbocharged diesel, yang dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 140 hp dan torsi puncak 300 Nm. [dp/TGH]