Suzuki Ciaz dan Ertiga Bakal Segera ‘Disulap’ Menjadi Toyota


TOKYO (DP) – Seiring dengan perubahan tren di industri otomotif global yang kini semakin mengarah ke mobil listrik, sejumlah pabrikan terus menjalin kemitraan demi menghemat biaya untuk riset dan pengembangan, termasuk Toyota dengan Suzuki.

Toyota dan Suzuki pertama kali meneken nota kesepahaman pada Februari 2017, dan keduanya sudah mencatat sejumlah perkembangan konstruktif dalam beberapa tahun terakhir, dengan tak hanya menggarap pasar India, tapi juga global.

Toyota sejauh ini dikenal piawai dalam hal teknologi hybrid, dan sektor ini akan ditularkan kepada Suzuki untuk diterapkan pada sejumlah model di masa mendatang.

Melalui sejumlah proyek kerjasama baru yang disepakati medio pekan ini, dijelaskan bahwa Maruti Suzuki akan memasok Ciaz dan Ertiga kepada Toyota untuk bermain di pasar India.

Ini akan menjadi bagian dari kesepakatan sebelumnya, di mana Toyota akan mendapat Baleno untuk dipermak menjadi model Toyota untuk pasar India. Model ini akan diluncurkan dalam waktu dekat, dan akan diikuti dengan Suzuki Vitara Brezza yang akan menggunakan logo Toyota.

Baca juga:  Sambut Mudik, Toyota Hadirkan 307 Pelayanan Servis dan Tempat Istirahat

Tak hanya itu, dalam kemitraan itu juga mencakup kesepakatan bahwa Vitara Brezza akan diproduksi di pabrik milik Toyota Kirloskar Motor di Karnataka mulai 2022 mendatang.

Sedangkan jadwal peluncuran sedan Suzuki Ciaz dan Ertiga berlogo Toyota sejauh ini belum diungkap. Tapi kemungkinan besar tak lama lagi.

Saat ini Suzuki tengah mengembangkan mesin super irit yang sejumlah komponen utamanya dipasok oleh Toyota dan Denso Corporation.

Dalam pernyataan terbarunya, disebutkan bahwa Toyota akan menggunakan mesin Suzuki untuk kendaraan kompak yang dipasar di Eropa dan akan diproduksi di pabrik milik Toyota di Polandia.

Baleno, Vitara Brezza, Ciaz dan Ertiga diharapkan dapat membantu Toyota meningkatkan pangsa pasar di sejumlah negara, terutama di India. Di Negeri Hindustan itu, Toyota kewalahan bersaing di segmen mobil kompak, tapi sukses untuk model Innova Crysta dan Fortuner.

Di sisi lain dari kerjasama antar dua pabrikan asal Jepang itu, Toyota akan memasok Corolla untuk Maruti Suzuki. Ke depan, Toyota dan Suzuki akan lebih banyak melahirkan produk bersama. [dp/TGH]