Kampung Pelebur Aki Punya Bengkel Sendiri

Ronnal Prawira (2 kiri) berbincang dengan Kepala Desa Ciampea, Cinangka Bogor (3 kiri) Nurdin dengan pemuda desa yang telah di training teknik dan manajemen bengkel.

JAKARTA (DP) – Setelah melalui proses cukup panjang, kini warga desa Cinangka, Bogor, Jawa Barat, yang selama ini dikenal sebagai kampung pelebur aki bekas akhirnya miliki bengkel khusus perawatan sepeda motor Honda.

Dengan adanya fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengalihkan mata pencaharian peleburan aki yang berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan warga setempat.

Yayasan Wahana Artha (YAW), yang merupakan ‘aktor’ di belakang inisiatif ini resmi mengoperasikan bengkel BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Cinangka Motor itu dan disaksikan Bupati Bogor, Ade Yasin.

“Pembukaan bengkel ini bukan berarti tugas sudah selesai. Diharapkan warga khususnya yang bertanggung jawab pada bengkel ini dapat memanfaatkan fasilitas yang telah kami berikan dan dapat dikembangkan dengan baik,” papar Ketua Umum YAW sekaligus Head of CSR Wahana, Ronnal Prawira.

Dalam bengkel ini tersedia peralatan lengkap layaknya diler resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) pada umumnya, seperti special tools, tyre changer, charger aki, hingga mesin pompa ban jenis nitrogen.

Baca juga:  Motor Jawa Ini Mengadu Peruntungan di Eropa

Pengurus dan pekerja bengkel ini sebelumnya telah dapatkan pelatihan langsung dari Technical Service Function (TSF) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang PT Wahana makmur Sejat (WMS) selama sebulan.

Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan kesempatan magang di jaringan AHASS Wahana, sehingga antara pelatihan dan praktek didukung dengan kerja lapangan langsung.

Pemilihan Desa Cinangka didasari isu yang ditulis salah satu media ternama terkait pencemaran lingkungan akibat peleburan aki tradisional dan ilegal yang telah berlangsung puluhan tahun.

Setelah melakukan survei dan pendekatan dengan warga Cinangka Bogor, YAW akhirnya berinisiatif untuk memberikan pelatihan dan bantuan pembangun Bengkel. [dp/MTH]