Kakorlantas Usul Perpanjang Pembatasan Truk Barang Melintas Tol

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri meminta pembatasan truk barang meintasi Tol Trans Jawa untuk diperpanjang dalam 1-2hari ke depan.

PURWAKARTA (DP) – Korlantas Polri meminta kepada pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan untuk memperpanjang pembatasan truk barang melintasi ruas Tol Trans Jawa arah Jakarta selama satu hingga dua hari ke depan.

Hal ini mengingat pantauan di lapangan terkait jumlah volume kendaraan pada arus balik Lebaran baru mencapai kurang lebih 60%, seperti dilansir NTMC Polri, Minggu (9/6).

Permintaan tersebut diajukan Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengingat masa pembatasan akhir kendaraan berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 37 tahun 2019 akan berakhir pada esok hari, Senin (10/6).

“Kita akan berikan masukan kepada Bapak Menteri Perhubungan terkait pembatasan angkutan barang itu yang seyogyanya hanya sampai 10 Juni, kita minta dua hari lagi,” kata Refdi, di Pos Pemantauan Cikopo, Purwakarta.

Selain itu, Kakorlantas juga memprediksi arus balik akan terus terjadi hingga 12 Juni.

“Karena kalau kita lihat keseimbangan yang sudah masuk Jakarta dan yang balik pada saat itu atau mudik tentu belum ada capai 60% masuk Jakarta. Ini akan ada perpanjangan-perpanjangan balik nantinya setidaknya tanggal 11 dan 12,” ujarnya.

Baca juga:  Angka Kecelakaan Mudik Tahun ini Menurun

Refdi menambahkan, jika mobil barang khusus tiga sumbu ini beroperasi di tanggal 10 Juni akan menghasilkan mix traffic yang kompleks di jalur balik. Dia berharap permintaannya dikabulkan.

“Mudah-mudahan bisa dilanjutkan selama 1-2 hari ke depan, supaya tidak terjadi mix traffic yang sangat kompleks kita minta pembatasan itu,” pungkas Kakorlantas. [dp/MTH]