Kesabaran Berbuah Kemenangan Bagi Marquez

MotoGP

DAPURPACU – Akhirnya Marc Marquez mampu memperpanjang absennya kemenangan Yamaha di podium utama MotoGP Misano di Sirkuit Riviera, Italia, Minggu (15/9). Kesabarannya menunggu momen yang tepat untuk menjegal Fabio Quartararo pada lap terakhir, berbuah pencapaian podium bagi The Baby Alien yang ke-77.

Di hadapan 96 ribu fans Valentino Rossi, keduanya mampu mendominasi jalannya balapan sejak lap keempat. Pemegang pole position, Maverick Vinales hanya bertahan selama tiga lap di posisi pertama, sebelunmya dirinya berhasil dilewati oleh El Diablo dan Marquez.

Sementara Rossi yang sempat tersingkir di urutan ke 7, berhasil merangsek mengisi slot keempat setelah melewati Pol Espargaro dan kompatriot Quartararo yaitu Franco Morbidelli.

MotoGP

Memasuki lap 6, rombongan sudah terbentuk di mana pada barisan terdepan diisi Quartararo dan Marquez, lalu Vinales yang membelakangi empat pebalap lainnya seperti Espargaro, Morbidelli, Rossi dan Andrea Dovizioso.

Baca juga:  Jorge Lorenzo Pensiun dari MotoGP, Apa Komentar Marquez dan Rossi?

Selama 27 lap, kegigihan Marquez untuk terus membuntuti pebalap asal Perancis tersebut hingga di penghujung balapan. Tersisa lap terakhir, bermula dari adanya celah bagi Marquez untuk bermanuver.

Marquez berhasil menyalip Quartararo sambil menikung di tikungan pertama. Sempat terjadi saling salip antara keduanya, hingga akhirnya Marquez kembali menyusul di tikungan 8.

MotoGP

Dengan tiga tikungan tersisa, ambisi Quartararo untuk menyusul Marquez hampir saja menabrak roda belakang, sehingga laju Quartararo sedikit pelan dan Marquez langsung memacu tunggangan sampai menyentuh garis finis. Menyusul di belakang Vinales dan Rossi berhasil finis di urutan keempat.

Podium ini juga menjadikan kemenangannya yang ketujuh pada musim ini dengan perolehan 275, atau 93 poin di depan Dovizioso yang pada seri ke 13 finis di posisi keenam.

Meski begitu, kubu Yamaha masih yang terbanyak mempersembahkan kemenangan di sirkuit itu dibanding Honda, sedangkan bagi Marquez, ini menjadi podium yang ketiga setelah sebelumnya ia peroleh pada musim balap 2015 dan 2017. [dp/MTH]