Kurang Dirawat, Awas Karet Panoramic Sunroof Berumur Pendek | dapurpacu.id

Kurang Dirawat, Awas Karet Panoramic Sunroof Berumur Pendek


DAPURPACU – Adanya fitur sunroof maupun panoramic sunroof, turut meningkatkan sisi mewah pada mobil. Selain memberikan kenyamanan saat berkendara, pengoperasiannya pun tergolong mudah.

Namun, yang patut diperhatikan di sini adalah menjaga dan merawat seluruh komponen yang mengoperasikan fitur itu. Termasuk juga menjaga kebersihannya agar terlihat apik dari luar.

Terlebih di Indonesia, yang notebene negara beriklim tropis ini. Perawatan dilakukan untuk memperpanjang usia pakainya serta dapat mencegah terjadinya kerusakan seperti kebocoran.

Pemilik mobil ber-sunroof harus secara rutin memberikan perhatian, paling tidak sebulan sekali. Dalam melakukan perawatannya, ternyata tak melulu harus dilakukan di bengkel resmi.

“Pemilik mobil juga bisa melakukan perawatan sendiri terhadap sunroof dan panoramic sunroof mobilnya di rumah,” kata Rafi’i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak.

Baik sunroof maupun panoramic sunroof, pada dasarnya didesain tahan lama atau sesuai dengan umur mobil sehingga cukup awet. Namun untuk perlakuan yang kurang tepat oleh pemilik mobil, kadang-kadang dapat mengganggu fungsinya.

Baca juga:  Genjot Jualan, Astra Peugeot Gelar Pameran di Sini

Komponen-komponen yang langsung terdampak bila tidak dirawat dengan benar salah satunya adalah karet, yang bakal menjadi keras akibat sering terjemur sinar matahari secara langsung.

Akibatnya, lama kelamaan proses buka tutup kaca dapat menjadi tersendat dan menjadi kurang rapat dalam proses buka-tutup sunroof tersebut.

Merawat sunroof dan panoramic sunroof memang tak jauh berbeda dengan kaca depan mobil. Materialnya sama, hanya saja kaca pada sunroof dan panoramic roof lebih tebal dibanding kaca depan.

Tapi yang perlu diingat, setiap komponen pada kendaraan bermotor tentunya memiliki usia pakai yang terbatas. Mobil yang memiliki komponen kaca di bagian atap sebaiknya diberi perhatian lebih.

Caranya, selalu diupayakan di parkir di tempat teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini demi tetap menjaga komponen karet tetap lentur untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sebagai informasi, fitur-fitur itu telah dipasangkan pada Peugeot 3008 dan 5008 tipe GT Line dan Allure Plus, yang dipasarkan oleh Astra Peugeot, sebagai distributor resmi Peugeot di Indonesia.

Baca juga:  Sebelum Beli Mobil, Ini yang Harus Anda Lakukan

Fitur Panoramic Sunroof yang disematkan pada keduanya diklaim memberikan kesan mewah dan juga membuat ruang kabin menjadi terasa lebih lapang. [dp/MTH]