DAPURPACU – Hingga November lalu, Daihatsu berhasil menembus angka penjualan ke konsumen (retail sales) sebanyak 90.823 unit. Pertumbuhan penjualan yang berangsur-angsur membaik sudah terlihat sejak triwulan ketiga.
Sedangkan untuk distribusi ke dealer (wholesales) sampai periode bulan itu tergapai 84.243 unit. Sementara untuk penjualan secara bulanan, pada November kemarin dicapai angka 9.200 unit, atau naik 13% dibandingkan bulan sebelumnya berjumlah 8.135 unit.
Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, capaian ini merupakan sinyal positif terhadap pasar otomotif di Indonesia yang berangsur membaik.
“Di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, kami bersyukur, hingga November penjualan Daihatsu tetap mencatatkan hasil positif, didukung dengan pasar otomotif yang menunjukkan pemulihan secara perlahan,” katanya.
Dari jumlah itu, penjualan retail kumulatif selama 11 bulan ini didominasi top 3 kontributor utama, yakni Sigra dengan capaian sebesar 24.021 unit, atau berkontribusi sebesar 26%.
Diikuti oleh Gran Max Pick-Up sebanyak 21.699 unit (24%), dan Terios 13.189 unit (15%). Kemudian disusul Ayla dengan 11.587 unit, Gran Max MB sebesar 9.087 unit, Xenia 8.608 unit, serta Luxio dan Sirion sebanyak 2.632 unit untuk periode Januari-November 2020.
Dalam hal penjualan bulanan, secara persentase ritel sales model Daihatsu pada November juga mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Oktober.
Daihatsu Sigra misalnya, mampu mencapai penjualan sebanyak 2.321 unit, atau meningkat 30% dibanding bulan lalu, Terios 1.298 (29%), dan Gran Max MB 1.006 unit (27%).
“Kami berharap, tren peningkatan dan kondisi ini dapat terus kondusif, sehingga pasar otomotif dapat bergairah kembali,” pungkas Amelia. [dp/MTH]