Sebanyak 5.518 SPBU Pertamina Telah Terapkan Digitalisasi | dapurpacu.id

Sebanyak 5.518 SPBU Pertamina Telah Terapkan Digitalisasi


DAPURPACU – Pertamina mengumumkan telah menerapkan sistem digitalisasi pada 5.518 outlet SPBU yang tersebar di seluruh Indonesia, yang merupakan sinergi dengan Telkom.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengapresiasi kinerja Pertamina atas keberhasilannya menuntaskan Program Transformasi Digital SPBU, sebagai upaya menyesuaikan dengan pola masyarakat era modern ini.

“Perkembangan digital harus diimplementasikan, salah satunya dengan melakukan digitalisasi agar penyaluran BBM lebih efektif dan menjamin subsidi agar tepat sasaran,” kata Arifin, disela peresmian penerapan digitalisasi secara virtual.

Bersamaan dengan itu, Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati menuturkan bahwa digitalisasi SPBU merupakan komitmen Pertamina untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga bisa lebih aman dan nyaman.

Selain itu, digitalisasi juga untuk memperkuat Pertamina dalam menjalankan penugasan Pemerintah mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok negeri.

“Dari seluruh aset yang dimiliki Pertamina, ada 5.518 SPBU yang telah terdigitalisasi dan terintegrasi, sehingga dapat memonitor seluruh transaksi dan stok level secara real time,” ujar Nicke.

Baca juga:  Pertamina Resmikan Pertashop Kawasan Wisata Danau Aur

Digital Transformation SPBU memberikan beberapa keunggulan yang memastikan kualitas data dan informasi, untuk mendukung kehandalan suplai sekaligus peningkatan layanan bagi masyarakat.

“Program ini adalah sebuah babak baru Pertamina dalam menyongsong transformasi bisnis ke depan. Kami juga akan lanjutkan digitalisasi ke kilang, kapal, dan hulu,” lanjut Nicke.

“Dengan demikian seluruh program ini akan mencakup seluruh aktifitas dari hulu ke hilir. Kami mulai dari hilir karena pelayanan masyarakat adalah yang terpenting bagi Pertamina,” imbuh Nicke.

Nicke menambahkan, digitalisasi SPBU menawarkan solusi atas perubahan pola transaksi masyarakat di era digital, melalui Aplikasi MyPertamina.

Lewat aplikasi ini, seluruh transaksi dapat dilakukan secara digital dan masyarakat juga dapat menikmati loyalty program yang ditawarkan. [dp/MTH]